Senam Jateng Gayeng, Wagub : "Mudah Tapi Butuh Latihan"

Senam Jateng Gayeng, Wagub :

--

Surakarta (DiswayJateng)  - Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXIX tingkat Provinsi Jawa Tengah, Jumat (9/9/2022) di Stadion Sriwedari berlangsung meriah. Sebanyak 3.500 peserta, yang antara lain meliputi atlet, pelatih, pelajar, mahasiswa, dan berbagai unsur insan olahraga, antusias mengikuti puncak peringatan Haornas di tempat yang punya sejarah panjang bagi dunia olahraga Indonesia.
 
Peringatan Haornas yang mengambil tema Bersama Cetak Juara dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta istri Siti Atikoh, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. 
 
Suasana akrab tercipta saat para pimpinan daerah didaulat memainkan bola untuk diarahkan kepada para peserta. Bagi yang mendapatkan bola sepak, maka dimainkan dengan disepak, yang mendapatkan bola voli, di servis dan bola basket, di dribble. Para peserta pun merangsek maju mendekati para pimpinan daerah. Akan tetapi, bola yang dimainkan jauh melesat ke belakang.
 
Usai permainan tersebut, seluruh peserta beserta pimpinan daerah melakukan senam bersama yang disebut senam Jateng Gayeng. Iringan senamnya khas musik Jawa Tengah. Gerakannya mix antara tari dan senam aerobik.
 
Wakil Gubernur, Taj Yasin Maimoen senang dengan iringan dan lirik senam Jateng Gayeng. Sebab, menunjukkan rasa kecintaan terhadap Jateng dan keinginan untuk bersama-sama membangun Jateng. Taj Yasin pun menikmati setiap gerakannya. Tidak sulit dan cukup menguras keringat.
 
"Gerakannya sebenarnya mudah, tapi perlu latihan. Dan ternyata walaupun gerakannya simple , mudah, tapi (membuat) kita tetap hidup sehat," ujarnya
 
Pada kesempatan itu, Taj Yasin juga mengucapkan terima kasih kepada para atlet Jawa Tengah yang telah berkontribusi mengharumkan nama bangsa. Mereka adalah Kiromal Katibin atlet panjat tebing peraih medali emas di PON Papua 2021 dan pemecah rekor dunia Speed World Record (05.00 detik) di Chamonix bulan Juli 2022 lalu. Kemudian Safira Dwi Meilani, atlet pencak silat peraih medali emas di event 8th Southeast Asia Championship Singapore 2022 dan medali emas di World Championship di Malaysia (2022). Atlet selanjutnya ada Famini dan Suryo Nugroho yang merupakan atlet National Paralympic Committee Indonesia Jateng. Famini adalah peraih medali emas cabang olahraga atletik di nomor pertandingan discus throw pada event The 11th Asean Para Games 2022. Sementara Suryo Nugroho adalah atlet bulutangkis peraih medali emas yang bertanding di nomor beregu tim standing pada event yang sama dengan Famini.
 
"Karena pengibaran bendera kita, salah satu yang paling ditunggu-tunggu dari para atlet. Dan saya ucapkan terima kasih pada para atlet Indonesia, khususnya Jateng yang telah mengibarkan bendera Indonesia, khususnya kemarin pada acara Asean Paragames, yang mana kita menjadi tuan rumah yang baik, yang dianugerahi juara umum," tutupnya.(GBR) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: