Didukcapil Kota Tegal Sosialisasikan Penerapan Digital.id

Didukcapil Kota Tegal Sosialisasikan Penerapan Digital.id

Tim dari Disdukcapil Kota Tegal melakukan sosialisasi penggunaan Digital.id di sejumlah OPD.-Meiwan Dani Ristanto-Radar Tegal

TEGAL (Disway Jateng)  - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal melakukan sosialisasi penerapan Digital.id di jumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

Seperti yang terlihat dari Disdukcapil mendatangi Bakesbangpol Kota Tegal untuk melakukan sosialisasi. Hal itu pun disambut baik, dengan langsung diterapkan pada aplikasi Digital.Id ke nomor ASN dan Staf Pendukung. 

 

“Kami melakukan sosialisasi dan penerapan langsung Digital ID kepada seluruh ASN dan Staf Pendukung yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Tegal,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tegal Basuki, Jumat 2 September 2022.

 

Sosialisasi tersebut dimulai dari Dinas Linkungan Hidup (DLH), RSUD Kardinah, kelurahan dan seluruh Puskesmas yang ada di Kota Tegal. Jumlah dari seluruh dinas yang akan dilaksanakan sosialisasi ada 26 OPD.

 

Semua itu untuk penerapan Digital ID hanya untuk ASN dan Non ASN yang berdomisi di Kota Tegal, sedangkan untuk yang berKTP luar Kota Tegal harus mendaftakan sendiri ke Disdukcapil tempat tinggalnya.

 

“Nantinya seluruh ASN yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Tegal sudah memiliki KTP Digital di setiap Handphone Androidnya, sehingga cakupan penggunaan Digital ID di Kota Tegal tinggi,” tulisnya.

 

Untuk saat ini yang tercatat Digital ID sebanyak 412 orang hingga 1 September 2022. Pendaftaran Digital ID ini bukan hanya untuk ASN dan Non ASN saja yang bekerja di lingkungan pemerintah Kota Tegal. Tetapi untuk masyarakat juga bisa mendaftarkan Digital ID melalui TPDK maupun kantor Disdukcapil Kota Tegal dengan cara mendownload aplikasi Identitas Kependudukan di Playstore, isi data NIK, email dan No HP, kemudian.

 

“Untuk validasi Foto diri dan Scan QR Code yang bisa dimintakan ke petugas Dukcapil,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal