Luhut: Pemerintah Siapkan BLT Atasi Inflasi Kenaikan Harga BBM, Dananya Rp 24,17 Triliun

Luhut: Pemerintah Siapkan BLT Atasi Inflasi Kenaikan Harga BBM, Dananya Rp 24,17 Triliun

Luhut Binsar Panjaitan menteri kepercayaan Jokowi--

JAKARTA, (DiswayJateng.id) - Pemerintah telah menyiapkan strategi untuk mengatasi inflasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pemerintah telah menyiapkan bantalan sosial (bansos) bantuan langsung tunai (BLT) untuk melindungi masyarakat kalangan tidak mampu dan menjaga inflasi.

Bahkan, pemerintah menyiapkan anggaran Rp 24,17 triliun jika ada kenaikan BBM.

"Dananya ada dan sekarang sedang dipersiapkan sehingga inflasi kita bisa jaga, bisa kita turunkan, saya kira semua akan jadi lebih baik," kata Luhut dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Rabu (31/8).

Bansos, kata Luhut, akan disalurkan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk 16 juta pekerja.

"Juga program perlinsos dan penciptaan lapangan kerja yang dieksekusi oleh pemda terdiri dari subsidi sektor transportasi ojek, angkutan umum, nelayan," ungkap Luhut.

Luhut menegaskan telah meminta pemda segera berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait untuk mengalokasikan anggaran dan memberi bantuan kepada masyarakat agar bantuan tepat sasaran.

"Saya minta dipastikan semua bantuan dialokasikan tepat sasaran," pesan Luhut.

Selain itu, Luhut juga berkata pemerintah telah mendorong penggunaan transportasi listrik untuk beralih dari energi fosil.

"Menyiapkan mobil listrik, motor listrik, bus listrik, angkutan truk listrik, sampai B40 semua sudah kita kaji dan itu saya kira dalam beberapa waktu ke depan bisa dimainkan," tegas Luhut Binsar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn