Ganjar Temui Veteran Pejuang Kemerdekaan Ahli Morse

Ganjar Temui Veteran Pejuang Kemerdekaan Ahli Morse

AKRAB - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menemui veteran perang ahli morse.--

 

SEMARANG (DiswayJateng) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambangi kediaman salah seorang veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Semarang, Rabu (17/8). Dia adalah R Soemardi, 96, yang kini tinggal di Jalan Tamtama Raya, Jangli, Tembalang, Kota Semarang.

 

 

Ganjar tiba di rumah Soemardi sekira pukul 14.30. Saat itu Soemardi sedang duduk di ruang tamu rumah nomor 166 itu. Ternyata Soemardi sudah menantikan kedatangan orang nomor satu Jawa Tengah itu sejak mendapatkan kabar dari orang dekat beberapa hari sebelumnya.

 

 

"Kemarin dikabari, mungkin Pak Gubernur (Ganjar) akan rawuh (datang) ke sini, tapi belum bisa dipastikan. Saya menanti-nanti kedatangan Bapak dari tadi," ujar Soemardi kepada Ganjar.

 

 

Setelah itu perbincangan panjang terjalin antara Soemardi dan Ganjar Pranowo. Kurang lebih 45 menit keduanya berdialog. Meskipun sudah berusia 96, ingatan Soemardi masih kuat. Pria kelahiran Kampung Jlagran Yogyakarta, 17 Mei 1926 (di data administrasi 1929) itu menceritakan bagaimana ia berjuang dan menjadi bagian dari tentara Indonesia.

 

 

"Awalnya saya ikut-ikutan saja, waktu itu diajak teman, pada masa revolusi fisik, sekitar tahun 1946/47 di Blitar. Waktu itu saya jadi pengawal Pak Mustopo yang bertugas sebagai komando train," tutur Soemardi tentang awal mula ikut berjuang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: