Beginilah Kerjaan Anak SMP Zaman Sekarang,Hasilnya....

Beginilah Kerjaan Anak SMP Zaman Sekarang,Hasilnya....

PRAKTIK - Siswa mengaplikasikan teori ke dalam praktik.--

 

Semua itu mendorong suatu inovasi dalam bidang pertanian konvensional ke pertanian yang semakin modern merupakan terobosan yang baru, menanam cara hidroponik lebih efisien dibandingkan menanam dengan cara konvensional, apalagi dibantu dengan teknologi robotik yang sedang berkembang. 

 

Dalam penggunaan teknologi robotik, penggunaan sensor-sensor kunci dalam berhasilnya pembuatan sistem ini yang dapat membuat tanaman bertumbuh dan berkembang dengan kualitas yang terbaik. 

 

"Dengan adanya beberapa sensor dan mikrokontroler untuk membantu mengatur semua itu," bebernya.

 

Nodemcu Lolin (mikrokontroler) yang mudah di dapat dipasaran digunakan sebagai mikrokontroler yang mampu terhubung langsung dengan jaringan internet.

 

Dengan penerapan teknologi IoT (Internet of Things) pada tanaman hidroponik ini berbagai parameter lingkungan pada sistem hidroponik seperti yang dijelaskan diatas ini bisa diakses dari jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi IoT (Internet of Things).

"Tujuannya untuk meminimalisasi intervensi manual dan menghasilkan sistem hidroponik yang cerdas dengan bantuan teknologi," paparnya.

 

Mereka membuat sistem penyiraman dilakukan secara otomatis dengan mengukur dan memantau kelembaban tanah dengan sensor. Dalam hal pencahayaan, dipasang lampu yang dapat hidup/mati secara otomatis untuk membantu tumbuhan dapat berkembang saat tidak adanya cahaya matahari.

 

"Tujuan kita adalah dapat memantau tanaman dari jarak jauh (monitoring) bagaimana keadaan tanaman tersebut caukup dari satu dashboard," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: