Jika PDIP dan Gerindra Koalisi Garansi Menang, Apalagi Ditambah Ini

Jika PDIP dan Gerindra Koalisi Garansi Menang, Apalagi Ditambah Ini

JAKARTA, (DiswayJateng)- Jika PDI Perjuangan dengan Partai Gerindra berkoalisi pada Pilpres 2024 maka bisa tak ada lawan. Koalisi PDIP dan Gerindra menjadi garansi menang pesta demokrasi mendatang. 

Elektabilitas kedua partai tersebut masih menjadi yang tertinggi saat ini.

“Jika merujuk survei Kompas, koalisi Gerindra dan PDIP, apalagi ditambah PKB, sangat berpotensi memenangkan Pilpres 2024. Loyalis pemilihnya banyak,” kata Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule seperti dilansir RMOL, Rabu (3/8).

Diketahui dalam survei ini, PDIP dan Gerindra berada di posisi pertama dan kedua di papan atas. PDIP dengan 22,8 persen dan Gerindra 12,5 persen.

Sementara PKB berada di urutan pertama untuk kategori partai papan menengah dan bawah, dengan mengantongi elektabilitas 5,4 persen.

Atas alasan itu, Iwan Sumule menilai koalisi PDIP dan Gerindra sangat kokoh. Apalagi jika ditambah PKB

Menurutnya, ketiga partai memiliki basis suara yang loyal dan tidak akan berpindah ke lain hati.

Karena itu, Iwan menilai analisa para pengamat hingga kicauan buzzer di media sosial yang terus mempertentangkan antara Gerindra dan PDIP adalah tidak berdasar. Sebab, koalisi keduanya adalah garansi kemenangan pilpres.

“Maka keliru jika mau diprovokasi agar tak berkoalisi. Karena akan kecil peluang memenangkan Pilpres 2024,” demikian Iwan Sumule.

Sebagai catatan, survei periodik tersebut dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis di tingkat 34 provinsi Indonesia. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error 2,8 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rmol