Rawan Bencana, Kabupaten Tegal Bentuk TRC Terpadu

Rawan Bencana, Kabupaten Tegal Bentuk TRC Terpadu

Kepala Harian BPBD Elliya Hidayah memimping rapat koordinasi TRC Terpadu-Hermas Purwadi-Radar Tegal

SLAWI (Disway Jateng) - Komitmen dan kepedulian Pemkab Tegal dalam upaya penanganan darurat bencana dibuktikan dengan pembentukan Tim Reaksi Cepat (TRC) terpadu.

 

TRC terpadu ini  merupakan suatu tim yang dibentuk oleh kepala BPBD, yang didalamnya terdiri dari lintas sektoral mulai dari Kodim 0712/ Tegal, Polres Tegal, Kejaksaan Negeri, LSM, kelompok masyarakat, dan OPD terkait.

 

Kepala Harian BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah menyatakan, tim ini nantinya akan diterjunkan bila terjadi bencana yang membutuhkan penanganan lintas sektoral.

 

"Bila bencana berskala kecil diupayakan tetap bisa ditangani oleh OPD terkait," ujarnya di sela-sela rakor TRC terpadu, Selasa (26/7).

 

Ditegaskan, TRC Terpadu  dibagi dalam tiga bidang, yakni bidang kaji cepat, bidang pelayanan darurat, dan bidang pendukung. Untuk bidang kaji cepat koordinatornya Dinas PUPR, bidang pelayanan darurat koordinatornya Dinas Sosial, dan bidang pendukung dikoordinatori Satpol PP.

 

TRC Terpadu yang telah terbentuk ini diharapkan mampu melaksanakan tugas secara profesional yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat serta tanggap darurat.

 

“Hal ini  sesuai dengan kondisi situasi yang sedang berlangsung  sehingga dapat meminimalisir korban akibat bencana,"cetusnya.

 

Pihaknya berharap pembentukan TRC Terpadu ini merupakan salah satu langkah kesiapsiagaan penanggulangan bencana, dimana setiap penanggulangan bencana memerlukan penanganan yang sistematis, terpadu dan terkoordinasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal