Tingkatkan Kualitas Pendidikan, SMPN 2 Kramat Tegal Terapkan Program Pintar. Bagaimana Realisasinya?

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, SMPN 2 Kramat Tegal Terapkan Program Pintar. Bagaimana Realisasinya?

CEO Tanoto Foundation didampingi Kepala Dinas Dikbud memberikan buku literasi untuk meningkatkan minat baca siswa SMPN 2 Kramat.-Hermas Purwadi-Radar Tegal

SLAWI  (Disway Jateng) – Untuk melihat secara langsung implementasi Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR), Tanoto Foundation melakukan kunjungan ke SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal, Rabu (20/7/2022).

 

 

Kunjungan  dihadiri langsung Chief Executive Officer (CEO) Global Tanoto Foundation Dr J Satrijo Tanudjoyo didampingi Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Akhmad Was’ari SPd MM, serta beberapa Fasda (Fasilitator Daerah), antara lain  Wardoyo SPd MPd, Ciptadi SPd MPd dan Ibu Sudiyanti SPd.

 

 

Kehadiran rombongan dalam rangkaian kunjungan sekolah Mitra Program Organisasi Penggerak Kemdikbudristek PINTAR Penggerak.

 

 

Kepala SMP Negeri 2 Kramat,  Setia Aji SPd menyatakan  melalui program PINTAR, Tanoto Foundation berupaya meningkatkan pendidikan dasar di Kabupaten Tegal dengan memperbaiki kualitas pembelajaran dan kepemimpinan sekolah.

 

 

"Tujuan kunjungan CEO Global Tanoto Foundation, bersama kepala Dinas Dikbud dan beberapa Fasda ini untuk melihat secara langsung implementasi dari Program PINTAR Tanoto Foundation di SMP Negeri 2 Kramat sebagai sekolah mitra PINTAR penggerak," kata Setia Aji SPd, Rabu ( 20/7).

 

 

Ditegas  Setia Aji SPd, salah satu kegiatan kunjungan yaitu melihat secara langsung proses pembelajaran aktif melalui pendekatan MIKIR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi),  yang dilakukan oleh Patciyah SSi (Guru IPA kelas 8), Agus Widianto SPd (Guru Matematika kelas 8), Mia Nurul Azmi SPd (Guru Bahasa Inggris kelas 8) dan Ema Rosaliata SPd (Guru Bahasa Indonesia kelas 7),  serta  Nur Kartiningsih SPd (Guru Matematika kelas 7).

 

 

"Selama ini SMP Negeri 2 Kramat telah mengikuti secara aktif pelatihan program pintar yang diselenggarakan Tanoto Foundation, dengan mengirimkan seorang kepala sekolah, seorang guru senior dan 10 orang Guru Mapel. Program Pintar Tanoto Foundation yang diikuti antara lain, Pembelajaran aktif dengan metode MIKIR, Program MBS (Manejemen Berbasis Sekolah), Supervisi Akademik, GLS (Gerakan Literasi Sekolah) serta  PSM (Peran Serta Masyarakat)," papar Setia Aji SPd.

 

 

Setia Aji  menyambut baik dan bersyukur atas kunjungan tersebut.  Dia berkesempatan memaparkan visi dan misi SMP Negeri 2 Kramat dan memaparkan program sekolah sebagai implementasi dari Program Pintar Penggerak Tanoto Foundation.

 

 

Terpisah  CEO Tanoto Foundation,  Dr J Satrijo Tanudjoyo menjelaskan sebagai mitra pemerintah, Tanoto Foundation berkomitmen mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,  salah satunya di Kabupaten Tegal. Dia  merasa bangga setelah melihat secara langsung pembelajaran aktif melalui metode MIKIR dalam kelas.

 

 

"Sesuai mandat dari Program Pintar Penggerak, SMP Negeri 2 Kramat telah mendemonstrasikan praktik, baik dalam pembelajaran dan kepemimpinan sekolah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang literasi, numerasi dan sains," ungkap Dr J Satrijo Tanudjoyo.

 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud  Kabupaten Tegal Akhmad Was’ari SPd, menyambut baik kehadiran Program Pintar Tanoto Foundation di wilayah Kabupaten Tegal dalam meningkatkan kemampuan siswa di bidang literasi, numerasi dan sains. Dia juga  berterima kasih pada SMP Negeri 2 Kramat sebagai salah satu sekolah mitra PINTAR penggerak telah menunjukkan program kerjanya dengan baik.

 

 

“Kami apresiasi keseriusan SMP Negeri 2 Kramat, karena telah maksimal melaksanakan Program PINTAR Tanoto Foundation,” papar Akhmad Was’ari SPd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal