Kapolres Tegal Kota Datangi Sekolah, Ada Apa ?

Kapolres Tegal Kota Datangi Sekolah, Ada Apa ?

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad HIdayat berkeliling memotivasi siswa di SDN Pekauman, kemarin.-Meiwan Dani Ristanto-Radar Tegal

TEGAL (Disway Jateng) -- Untuk memotivasi siswa agar rajin membaca, Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat bersama Perpustakaan Keliling (Pusling) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) dan Kepala Dinas Arpusda Andri Yudi Setiawan mengunjungi sejumlah SD di wilayah Kecamatan Tegal Barat, Kamis (14/7).

 

Kunjungan pertama dilakukan di SD Pekauman 5 dan SD Pekauman 2, dilanjutkan ke SD Pekauman 3 dan SD Pekauman 7. Siswa-siswi di SD tersebut sangat antusias dan bersemangat.

 

Pada kunjungan tersebut, Kapolres juga kerap bertanya jawab atau dialog kepada siswa-siswi yang tengah membaca buku di mobil Perpustakaan Keliling.

 

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, bahwa bersama Dinas Arpusda Kota Tegal dalam rangka ingin menggelorakan minat baca bagi anak-anak, dengan mengunjungi SD yang ada di Kecamatan Tegal Barat. Dan sebagai Kapolres Tegal Kota, dirinya sangat bersyukur, karena adanya mobil Perpustakaan Keliling.

 

“Sehingga bisa menarik minat baca anak-anak ataupun warga Kota Tegal,” ujarnya.

 

Rahmad mengungkapkan dengan membaca merupakan jendela dunia, untuk itu semangat membaca harus terus digelorakan agar lahir generasi penerus yang hebat dan luar biasa. Karena dengan membaca banyak ilmu dan pengetahuan yang didapat. Dan menarik minat baca masyarakat, tidak hanya menjadi tanggung jawab dari Pemerintah saja dan termasuk Polri juga mendorong masyarakat untuk gemar membaca.

 

“Apalagi diusia anak-anak merupakan masa perkembangan yang sangat baik untuk diberikan pembelajaran dan contoh-contoh yang baik,” ungkapnya.

 

Rahmad menjelaskan terkait kegemaran anak mengunakan gadget atau handphone. Hal itu dibutuhkan peran serta orang tua untuk tetap mengawasi penggunaan gadget pada putra-putrinya. Dengan memberikan contoh atau sikap yang baik, seperti membiasakan diri membaca buku, bukan membiasakan diri melihat gadgetnya, maka anak akan cepat meniru dan terbiasa.

 

“Kebiasaan anak mengunakan gadget harus dikurangi dengan gemar membaca,” terangnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Arpusda Kota Tegal Andri Yudi Setiawan menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi upaya Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat dengan turun langsung memberikan motivasi dan semangat kepada siswa-siswi SD untuk giat dan semangat membaca.

 

Dari budaya membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan. Dan Dinas Arpusda yang sudah menyediakan mobil Pusling di tahun ini akan kembali dioptimalkan dengan mengunjungi sekolah-sekolah. Karena selama pandemi covid-19 mobil pusling hampir tidak dijalankan lantaran siswa-siswi saat itu melaksanakan pembelajaran secara daring.

 

“Saya berharap sinergi yang dilaksanakan Polri dan Dinas Arpusda Kota Tegal bisa menumbuhkan semangat anak-anak untuk gemar membaca buku,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal