Mushola Al Barokah Tegal Bagikan Ratusan Bungkus Daging Kurban

Mushola Al Barokah Tegal Bagikan Ratusan Bungkus Daging Kurban

Panitia Kurban Mushola Al Barokah Perumahan Griya Santika Tegal mengemas daging kurban, sebelum dibagikan kepada warga yang berhak-M. Sekhun-Radar Tegal

TEGAL (Disway Jateng) --   Mushola Al Barokah, yang berada di Komplek Perumahan Griya Santika, RW 04, Desa Pengabean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal membagikan ratusan bungkus daging kurban, Minggu 10 Juli 2022.

Sebelum penyembelihan hewan kurban, malam harinya dilakukan pawai obor dan takbir keliling yang diikuti perwakilan masing-masing RT yang ada di RW 03 dan 04, Desa Pengabean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal.

Pada perayaan Idhul Adha tahun 2022, panitia kurban memotong tiga ekor sapi dan enam ekor kambing. Pemotongan hewan kurban dimulai 07.00 WIB dan langsung dilakukan pengemasan oleh panitia dibantu warga sekitar secara guyub.


Panitia Kurban menguliti sapi-M. Sekhun-Radar Tegal

Ketua Panitia Kurban Mushola Al Barokah Fadlian, disela-sela pengemasan daging kurban, mengatakan, kegiatan pemotongan hewan kurban dilakukan rutin setiap tahun oleh Mushala Al Barokah. Dan pada tahun ini ada tiga ekor sapi dan enam ekor kambing yang berasal dari warga RT 01, 02 dan 03 RW 04 Desa Pengabean.

"Karena suasana masih pasca pandemi, maka hewan kurban kami batasi. Hal ini kami lakukan, biar tidak terlalu lama dalam proses penyembelihan, pengemasan dan distribusi daging kurban kepada warga," Kata Fadlian.

Menurut Fadlian, semua hewan kurban yang dipotong, baik sapi atau kambing ditimbang sebelum dikemas. Hal ini dilakukan agar sesuai syariat, karena shohibul kurban berhak mendapatkan 1/3 dari hewan kurban yang dipotong. Sisanya dibagikan kepada warga yang berhak.

"Kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih kepada shohibul kurban yang telah memberi kepercayaan kepada panitia.  Kami juga mengucapkan terima kasih kepada warga, yang dengan guyub membantu pemotongan, pengemasan dan distribusi daging kurban," tutur Fadlian.

Ditempat sama, Ketua Pengurus Mushola Al Barokah Ustadz Miftahul Huda menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah bekerka keras, mulai dari persiapan sampai pada proses pemotongan. Ditengah kondisi yang belum stabil, panitia tetap kerja keras dan bisa menghimpun tiga ekor sapi dan renam ekor kambing. Jumlah tersebut sebenarnya bisa bertambah, tapi panitia membatasi hewan kurban pada Idhul Adha tahun ini.

"Mudah-mudahan tahun depan semua sudah normal, sehingga panitia bisa lebih maksimal dalam mengumpulkan hewan kurban," papar Ustadz Miftahul Huda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal