Perhutani KPH Pekalongan Gelontorkan Sharing Produksi Kayu Getah Pinus

Perhutani KPH Pekalongan Gelontorkan Sharing Produksi Kayu Getah Pinus

penyerahan sharing produksi kayu dan getah pinus kepada LMDH, kemarin-Hermas Purwadi-Radar Tegal

SLAWI (Disway Jateng)  - Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat menyerahkan sharing produksi kayu dan getah pinus tahun 2016 kepada 24 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Penyerahan dilakukan oleh  Plt Administratur KPH Pekalongan Barat Herdian Suhartono kepada  perwakilan LMDH.

 

Plt Administratur KPH Pekalongan Barat Herdian Suhartono mengatakan, Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat membawahi tiga wilayah, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang. Dari ketiga wilayah tersebut ada 103 LMDH yang mendapat bantuan sharing produksi kayu dan getah pinus.

 

“Di tahun 2016 lalu, ada LMDH yang sudah kami berikan sharing sebesar Rp900 juta. Tetapi ternyata ada beberapa LMDH yang belum memenuhi persyaratan, seperti buku rekening belum ada, legalitas, dan lain-lain, sehingga penyerahan tertunda dan baru terlaksana tahun 2022," ujarnya.

 

Setelah  persyaratan seperti administrasi maupun operasionalnya sudah terpenuhi oleh LMDH, maka baru bisa terlaksana penyerahan tahun 2022 ini dengan jumlah Rp121 juta. Dari jumlah besaran nominal itu,  terdapat beberapa pajak sehingga jumlah yang diserahkan sebesar Rp117 juta.  Besaran itu dibagi kepada 24 LMDH di tiga wilayah yang masuk dalam naungan Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat.

 

“Kami berharap setelah sharing ini, bisa dimanfaatkan dengan baik dan bisa menyejahterakan masyarakat sekitar. Selain itu bisa digunakan untuk kegiatan sosial, maupun operasional kelembagaan masing-masing," cetusnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal