PPDB SMP di Batang Ditutup; 20 Sekolah Belum Full, Begini Keputusannya

PPDB SMP di Batang Ditutup; 20 Sekolah Belum Full, Begini Keputusannya

Calon siswa menyerahkan berkas pendaftaran setelah mendaftar secara online guna menghindari kerumunan PPDB.-Syamsul Falaq-Radar Brebes

BATANG, (DiswayJateng) – 20 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Batang masih bisa membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP secara luring atau offline. Sebab proses PPDB yang dilakukan secara daring atau online masih menyisakan kuota yang belum terisi.

Kabid SMP Disdikbud Batang, Sumanto didampingi Kasi Kesiswaan Daniel menjelaskan, PPDB SMP secara dari daring untuk tahun ajaran 2022-2023 resmi ditutup. 

Hasilnya, dari total 47 SMP negeri yang berpartisipasi dalam PPDB online, hanya 27 SMP yang daya tampungnya terpenuhi. Sisanya 20 SMP masih belum memenuhi kuota daya tampung. 

Pihaknya pun memperbolehkan sekolah yang belum memenuhi daya tampung untuk menggelar PPDB secara luring atau offline. 

“Untuk perpanjangan waktunya yang diberikan untuk PPDB secara luring maksimal hingga lima hari kerja sejak waktu Daftar Ulang ditutup. Sekolah yang melaksanakan perpanjangan waktu PPDB wajib melaporkan kepada Disdikbud Batang,” bebernya saat diwawancarai, Minggu (26/6/2022).

Dikatakan Sumanto, di beberapa sekolah daya tampung yang tersisa tidak terlalu banyak, hanya menyisakan beberapa kuota saja. 

“Beberapa sekolah daya tampungnya tersisa sekitar satu sampai tiga anak. Dan yang paling banyak masih sisa hingga 54 anak. Tetapi walaupun begitu sudah berhasil memenuhi satu rombel,” imbuhnya.

Ia menyebut ada beberapa faktor yang mengakibatkan daya tampung beberapa sekolah beum terpenuhi sesuai kuota. 

“Mungkin ada yang ke sekolah swasta, ataupun ke madrasah. Selain itu juga mungkin ada yang memilih mondok ataupun sekolah keluar kota,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarpekalongan.co.id