Ribuan Nelayan Demo DPRD Pati, Ini Tuntutannya

Ribuan Nelayan Demo DPRD Pati, Ini Tuntutannya

PATI, (DiswayJateng)-- Ribuan nelayan Pati, Jawa Tengah melurug gedung DPRD setempat, Sabtu (14/5). Mereka mengelar demontrasi besar-besaran memprotes kebijakan pemerintah yang dinilai merugikan nelayan.

Massa datang dengan arak-arakan sepeda motor dan mobil bak terbuka sekira pukul 09.30 WIB. Pendemo juga mengusung replika kapal nelayan juga dibawa sebagai simbol karamnya nelayan lantaran kebijakan pemerintah yang dinilai tak berpihak kepada mereka.

"Kami menentang kebijakan yang tak berpihak kepada nelayan, kepada pelaku perikanan. Kapal mengalami kerugian kemunduran sehingga berdampak kepada ABK," kata koordinator lapangan aksi Hadi Sutrisno.

"Jangan sampai nelayan sengsara. Kami sudah berjuang ke mana-mana, tetapi tak kunjung berhasil," lanjut Hadi.

Diantara tuntutan nelayan Pati adalah meminta kepada pemerintah menurunkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari 10 persen menjadi 5 persen.

"PNBP sangat memberatkan. Kami meminta kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani agar aturan PNBP yang mencekik perikanan dibatalkan. Aturan ini tidak berpihak kepada nelayan," kata dia menegaskan.

Mereka pun meminta dukungan Pimpinan DPRD Kabupaten Pati, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kabupaten Pati), Edy Martanto dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro yang juga ikut hadir menemui demonstran.

Sejumlah pejabat yang hadir itu ikut menandatangai surat pernyataan sebagai simbol dukungan kepada paguyuban nelayan Pati. Surat pernyataan dan tuntutan para nelayan akan disampaikan kepada pemerintah pusat.

"Pada prinsipnya kami mendukung langkah-langkah yang dilakukan paguyuban nelayan," kata Ketua DPRD Pati, Ali Badrudin.(mar4/jpnn)

Editor: Ismail Fuad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: