Keok dari Vietnam 3-0, Timnas Indonesia Huni Papan Bawah Grup A

Keok dari Vietnam 3-0, Timnas Indonesia Huni Papan Bawah Grup A

HANOI, (DiswayJateng)-- Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Vietnam pada laga perdana Grup A cabor sepak bola SEA Games 2021. Garuda Muda keok tiga gol tanpa balas.

Tiga gol kemenangan pasukan Park Hang Seo dibukukan oleh Nguyen Tien Linh, Dung Do Hung, dan Lee Van Do.

Bertanding di Stadion Viet Tri, Jumat (6/5) malam WIB,

s
ejatinya, performa Indonesia cukup bagus pada babak pertama. Terbukti, banyak gempuran lawan yang berhasil dihentikan.

Skor 0-0 antara Timnas U-23 Indonesia vs Vietnam bertahan hingga turun minum.

Shin Tae Yong kemudian melakukan sejumlah pergantian pada paruh kedua. Namun, perubahan itu tak memberikan dampak positif untuk tim.

Gara-gara perubahan di babak kedua, Garuda Muda harus kebobolan tiga gol dalam kurun waktu 33 menit.

Nguyen Tien Linh membuka keunggulan Vietnam pada menit ke-55. Berawal dari keroposnya lini kanan pertahanan Indonesia, Vietnam mampu berkreasi dan menjebol gawang M Adi Satryo.
Penggawa Garuda Muda sempat merespons dan berusaha untuk menekan pertahanan Vietnam. Namun, koordinasi yang buruk dan matinya kreativitas lini tengah membuat tak ada peluang berbahaya tercipta.

Egy Maulana Vikri yang diharapkan bisa menunjukkan kelasnya sebagai pemain yang berkompetisi di Eropa, juga tak bisa menembus lini pertahanan Vietnam yang hanya bermaterikan pemain yang merumput di liga lokal.

Akibat tidak bisa memberikan tekanan ke pertahanan Golden Star, lini belakang Indonesia justru harus ditekan balik oleh pemain Vietnam. Menit ke-74, aksi dari Dung Do Hung membuat skor berubah. Indonesia tertinggal 0-2.

Vietnam tak berhenti memberikan rasa takut bagi Indonesia. Menit ke-88, gol kembali dicetak oleh tuan rumah. Antisipasi yang buruk dari bek senior Fachruddin Aryanto membuat bola malah masuk dengan mudah ke gawang Garuda Muda.

Kekalahan telak ini harus menjadi evaluasi besar bagi Shin Tae Yong karena training camp (TC) di Korea Selatan pada April lalu membuahkan kekalahan telak seperti era Indra Sjafri di SEA Games 2019.

Hasil ini membuat Indonesia gagal meraih tiga poin dari Vietnam dalam laga pembuka Grup A SEA Games 2021.

Dengan kekalahan ini, Indonesia menempati peringkat keempat klasemen sementara Grup A. Garuda Muda gagal mencetak gol dan defisit tiga gol.

Adapun Vietnam bertengger di posisi kedua dengan tiga poin dan memiliki selisih gol +3.

Posisi pertama ditempati oleh Filipina yang menang telak 4-0 atas Timor Leste. Gol-gol Young Azkals dibukukan Christian Rontini, Dennis Chung, Jovin Bedic, dan Oskari Kekkonen.

Ada satu negera di Grup A yang belum bermain, yakni Myanmar. Mereka baru akan bertanding pada Minggu (8/5) melawan Timor Leste.(mcr15/jpnn)

Editor: Ismail Fuad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: