Cegah Longsor, Tebing Sungai Kutabima Dipasangi Bronjong

Cegah Longsor, Tebing Sungai Kutabima Dipasangi Bronjong

CILACAP (Disway Jateng) - Langkah antisipasi terjadinya longsor susulan dan penanganan darurat. Tebing sungai di sekitar area jembatan yang putus di Citulang Desa Kutabima, Kecamatan Cimanggu akan dipasang bronjong.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Widjonardi menyampaikan, penanganan tebing akan ditangani BBWS Citandui.

“Penanganan tebing sungai di sekitar area jembatan putus akan ditangani BBWS Citandui berupa pemasangan bronjong di dua titik,” katanya, dilansir dari radarbanyumas.com.

Sementara sedang proses pembuatan RAB dan masih menunggu kondisi yang memungkinkan untuk pemasanganya. “Karena saat ini cuaca masih belum mendukung,” imbuhnya.

Untuk sementara, minimalisir ancaman, warga setempat, terutama RT 08 dan 09 RW 04, melakukan kerja bakti, dibantu personel UPT BPBD Majenang dengan kurang lebih sebanyak 60 orang terlibat. Upaya yang dilakukan di antaranya, penutupan retakan tanah, kemudian menormalisasi saluran air pembuangan di atas tebing. “Kerja bakti dilanjutkan pemasangan dasar kayu atau alas kayu di titik area makam yang longsor untuk memudahkan akses pejalan kaki dan kendaraan supaya tidak amblas,” bebernya. (nas)

Editor : R Gunawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: