Agar Rumah Tetap Aman Ditinggal Mudik, Coba Lakukan Hal Ini

Agar Rumah Tetap Aman Ditinggal Mudik, Coba Lakukan Hal Ini

JAKARTA (Disway Jateng) - Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini. Agar bisa mudik dengan tenang saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Deni Koswara mengatakan, penting untuk memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman dari keberangkatan saat mudik hingga pulang. 

"Tidak sedikit ada kasus pencurian atau korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran saat rumah ditinggal pemiliknya mudik. Maka dari itu, pastikan keadaan rumah dalam kondisi aman mulai dari keberangkatan hingga pulang," ungkapnya, dilansir dari fin.co.id. 

Lalu, Deni memberikan tips-tips bagaimana untuk memastikan keadaan rumah tetap aman saat ditinggal mudik lebaran. Berikut tipsnya: 

1.Kunci pintu dan jendela 

Pastikan untuk mengunci seluruh pintu dan jendela. Ini merupakan hal paling dasar untuk dilakukan sebelum meninggalkan rumah. Jika perlu, tambah gembok untuk menambah keamanan. Lalu, pastikan untuk membawa kunci dan tidak ditinggalkan di tempat-tempat yang biasa diketahui orang. Seperti, di bawah keset, pot tanaman dan sebagainya. 

2.  Pastikan tidak ada benda elektronik dan gas yang sedang menyala

Jangan lupa untuk mematikan seluruh barang elektronik seperti televisi, AC, kipas angin, dan lain-lain untuk menghindari korsleting listrik. Selain itu, lepaskan juga regulator tabung gas sehingga meminimalisir terjadinya kebocoran gas yang bisa mengakibatkan kebakaran. 

3. Kosongkan penampungan air 

Mengosongkan penampungan air merupakan cara untuk mencegah nyamuk bertelur dan berbagai macam sarang penyakit.

Lebih baik lagi, jika tempat penampungan air ditutup. 

4. Simpan barang berharga di tempat aman 

Barang-barang berharga seperti emas, surat-surat berharga, uang, dan perhiasan harus disimpan di tempat yang aman seperi brankas. 

5. Titipkan rumah ke orang yang dipercaya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: