diswayjateng.id - TikTok Shop menjadi salah satu platform E-Commerce paling terkenal, terutama di kalangan anak muda. Dengan perkembangan teknologi saat ini, pemasaran dan jualan di TikTok Shop menawarkan peluang besar untuk meningkatkan omset dan memperluas jangkauan bisnis.
Artikel ini akan membahas mengenai strategi pemasaran efektif di TikTok Shop untuk meningkatkan omset. Agar dapat bersaing di TikTok Shop yang penuh konten kreator kreatif, kamu harus pintar dalam memasang strategi.
Nah, berikut ini adalah 8 strategi pemasaran efektif di TikTok Shop untuk meningkatkan omset, yang lansir dari UKMINDONESIA.ID:
1. Buat Konten yang Berkualitas
Buatlah konten yang berkualitas dengan berfokus pada produk kita. Misalnya, kita memiliki bisnis yang khusus menjual pakaian jadi, kita bisa memikirkan konsep video yang fokus ke cara berpakaian, seperti konten mix and match pakaian.
BACA JUGA: Ketahui 8 Cara Gampang Jualan di TikTok Live Ramai dan Menarik, Raihan Omset Minimal Rp2,5 Juta
BACA JUGA: 11 Ide Konten TikTok Affliate yang Menarik Perhatian Penonton, Langsung Cair Rp515 Ribu
Atau, jika kita menjual alat-alat kecantikan, kita bisa fokus memberitahu kelebihan produk yang dijual. Dengan cara ini, kita bisa menampilkan keunggulan produk sekaligus tontonan yang menarik.
2. Pelajari Cara Kerja TikTok
Saat menggunakan TikTok, kita harus paham bahwa konten video yang bisa diunggah di aplikasi ini hanya berdurasi 15 detik dan bisa digabungkan hingga menjadi 60 detik. Dalam durasi yang singkat tersebut, kita bisa membuat konten yang efektif untuk mempromosikan produk.
Caranya bisa dengan membuat video produk yang ditambahkan latar musik dan efek khas TikTok untuk menarik interaksi audiens.
Semakin banyak interaksi berupa komentar, like, dan share yang dibuat penonton, maka akan semakin tinggi pula peluang produk kita dipromosikan dan dilihat oleh pengguna TikTok Shop secara lebih luas.
3. Gunakan Metode S.M.A.R.T
Agar bisa lebih tepat menjangkau audiens, kamu bisa mempertimbangkan dengan metode S.M.A.R.T, yaitu Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan Tepat Waktu. Artinya, kita harus membuat konten yang sifatnya spesifik untuk membicarakan produk kita, dibawakan dengan relevan, dan terlihat dekat dengan calon pelanggan.
Tidak hanya itu, kita juga harus tepat waktu dalam mengunggah konten. Untuk mengetahui karakter audiens dan waktu yang pas, kita bisa menggunakan fitur analitik yang ada di setiap akun bisnis TikTok Shop. Cara mengaksesnya pun tak terlalu rumit : untuk mengakses analitik TikTok kita:
Buka halaman profil dan ketuk tiga garis horizontal di kanan atas.
Ketuk Alat Pembuat, lalu Analytics.