Dosen PPKN UPS Tegal Bangun Sistem Wujudkan Perangkat Desa Kompeten

Jumat 18-10-2024,10:00 WIB
Reporter : K Anam Syahmadani
Editor : Rochman Gunawan

BREBES,jateng.disway.id  - Untuk memenuhi kebutuhan perangkat desa yang kompeten, Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Universitas Pancasakti Tegal (UPS) membangun sebuah sistem yaitu Sistem Uji Kompetensi Berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang diterapkan di Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. 

Sistem tersebut digunakan dalam Tes Seleksi Kaur Keuangan dan Umum Desa Sawojajar, Kabupaten Brebes. Tes tersebut diikuti delapan calon dengan Tim Penguji Dosen PPKN UPS Wahyu Jati Kusuma MH. Disampaikan, Dosen PPKN UPS terus berkomitmen memberikan dampak positif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

“Salah satunya adalah membantu dalam mensukseskan pemilihan Perangkat Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes,” kata Wahyu.

Para peserta Tes Seleksi Kaur Keuangan dan Umum sebelumnya diuji melalui ujian komputer untuk mengetahui kecakapan penguasaan teknologi di mana materi yang diujikan yaitu Microsoft Word dan Excel oleh Fitriyanto MPd. Selanjutnya para peserta diuji materi Pemerintahan dan Pancasila dan Kewarganegaraan menggunakan Sistem CAT.

BACA JUGA:UPS Tegal Rotasi Pejabat Struktural

BACA JUGA:869 Mahasiswa UPS Tegal Resmi Diwisuda

Kepala Desa Sawojajar Suwandi SH menyampaikan penggunaan Sistem CAT sangat praktis, objektif, dan sportif karena peserta bisa mengetahui lulus tidaknya secara langsung lewat komputer masing-masing. “Terima kasih kepada Tim Penguji dari Dosen PPKN UPS yang telah menguji calon Perangkat Desa Sawojajar secara profesional,” ucap Suwandi. 

Kategori :