Sebelum Ramp Check, Kapolres Bagi-bagi Coklat di Exit Tol Salatiga

Rabu 16-10-2024,19:23 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Wawan Setiawan

SALATIGA, jatengdisway.id - Bentuk apresiasi Kepolisian kepada masyarakat taat berlalu lintas, Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari bagi-bagi coklat dan bunga mawar.

"Bagi pengendara maupun penumpang yang tertib berlalu lintas, utamanya pengemudi maupun penumpang yang menggunakan seatbelt, serta kendaraan sesuai dimensinya kita berikan coklat dan bunga mawar sebagai bentuk apresiasi kita," kata Aryuni saat melaksanakan sosialisasi  pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2024 di Exit Tol Salatiga, Rabu 16 Oktober 2024.

Usai bagi-bagi coklat, Kapolres turun tangan langsung memimpin kegiatan Ramp Check angkutan umum di Terminal Tingkir Salatiga.

Menyasar bus Antar Kota Dalam Propinsi  (AKDP) dan Antar Kota Antar Propinsi  (AKAP), Kapolres tak sendiri.

Kapolres wanita pertama di Polres Salatiga itu didampingi Kasatlantas AKP Darmin, S.H, M.H bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga dan Anggota yang terlibat dalam Operasi Zebra Candi 2024.

"Kegiatan Ramp Check bagian dari mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2024 yang telah dimulai sejak 14 Oktober kemarin hingga 27 Oktober mendatang," ujar Kapolres.

Bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh dan tertib berlalu lintas dan terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), dimaksudkan pula menurunkan angka dan fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Khususnya bagi kendaraan umum.

Lebih jauh Kapolres menerangkan, sasaran Ramp Check kali ink meliputi Bukti Lulus Uji, Kartu Pengawasan Izin Operasional, SIM dan STNK.

Selain itu, petugas gabungan juga mengecek sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban dan sabuk keselamatan, pengukur kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, dan klakson.

Tak lupa, petugas juga memeriksa kapasitas tempat duduk, perlengkapan kendaraan serta perlengkapan tanggap darurat khususnya terhadap Angkutan Umum baik Bus AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi) maupun Bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) dan Angkutan Umum lainnya yang masuk ke Terminal Type A Tingkir Salatiga.

Selain melaksanakan Ramp Check, tim gabungan juga menyelipkan pembinaan terhadap pengemudinya.

"Pembinaan meliputi perizinan angkutan umum dan sosialisasi keselamatan berlalu lintas khususnya bagi pengemudi dan masyarakat pengguna angkutan umum. Seluruh kegiatan ini tentunya kita bekerjasama dengan Dishub Kota Salatiga," imbuhnya.

Kapolres berharap dengan adanya pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2024, masyarakat lebih mencintai keselamatan saat berkendaraan dengan senantiasa tertib dan disiplin dalam berlalu lintas serta patuh dan taat hukum lalu lintas.  

Kategori :