10 Fitur Telegram yang Unik dan Canggih, Bisa Jadwalkan Pesan Dikirim

Jumat 18-10-2024,15:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Anda tidak perlu khawatir mengganggu seseorang yang sedang bekerja, belajar, atau tidur ketika mengirim pesan melalui Telegram, berkat fitur Pesan Senyap yang tersedia di aplikasi ini.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan tanpa suara atau getaran, meskipun penerima belum mengaktifkan mode Jangan Ganggu di perangkat mereka.

Untuk mengirim pesan tanpa suara, ketik pesan Anda, kemudian tekan dan tahan tombol Kirim. Pilih Kirim Tanpa Suara, dan selesai.

8. Terjemahkan pesan

Anda dapat menerjemahkan pesan di Telegram tanpa harus menggunakan Google Terjemahan atau aplikasi penerjemah lainnya, cukup dengan memanfaatkan alat penerjemah yang tersedia di aplikasi Telegram.

Untuk mengaktifkan fitur terjemahan, buka menu Setelan, kemudian pilih Bahasa. Aktifkan opsi Tampilkan Tombol Terjemahkan, dan Anda sudah siap.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menerjemahkan pesan baik dalam obrolan pribadi maupun grup. Namun, untuk menerjemahkan seluruh obrolan, Anda memerlukan langganan Telegram Premium.

Untuk menerjemahkan pesan di Telegram, cukup ketuk (Android) atau tekan dan tahan (iPhone) pada pesan tersebut, lalu pilih Terjemahkan.

Bagi pengguna iPhone, Anda juga dapat menyalin terjemahan, mendengarkannya, serta mengubah bahasa tampilan.

9. Batasi jumlah pesan grup

Banyak dari kita pasti pernah merasa terganggu karena terlalu banyak pesan yang masuk dalam obrolan grup. Jika Anda adalah admin grup di Telegram, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan Mode Lambat.

Mode Lambat membatasi jumlah pesan yang dapat dikirim oleh setiap anggota grup dalam jangka waktu tertentu menjadi hanya satu pesan.

Untuk mengaktifkan Mode Lambat, sentuh nama grup, kemudian pilih Edit (ikon pensil, jika Anda menggunakan Android), lalu pilih Izin. Di bagian Mode Lambat, tentukan durasi yang harus dilewati sebelum anggota grup dapat mengirim pesan. Anda dapat memilih antara 10 detik hingga 1 jam.

10. Temukan orang terdekat

Telegram memungkinkan Anda untuk menambahkan orang-orang di sekitar Anda dengan membagikan lokasi langsung. Namun, mereka juga harus mengaktifkan fitur Orang Terdekat.

Jika kedua belah pihak menggunakan fitur ini, Anda akan dapat melihat satu sama lain dan dapat mengetuk nama mereka untuk menambahkannya sebagai kontak. Anda tidak perlu membagikan nomor telepon, yang merupakan keuntungan tersendiri.

Kategori :