Bawaslu Kota Tegal Deklarasi Pilkada Damai

Senin 14-10-2024,08:30 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tegal melakukan Koordinasi dengan Stakeholder dan Deklarasi Pemilihan Damai pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 di Kota Tegal di Hotel Bahari Inn. Selain deklarasi Pilkada damai, Pj Wali Kota Tegal Dadang Soemantri juga menjadi narasumber untuk menyukseskan Pemilihan serentak.

Dadang Somantri memaparkan materi Peran Pemerintah dalam Mensukseskan Pemilihan Serentak Tahun 2024. 

Pada penyampaian materinya, Dadang Somantri menyebutkan terkait potensi-potensi kerawanan pada tahapan Pilkada. 

"Seperti pada penetapan DPT yang rawan data pemilih ganda, kampanye yang rawan konflik dan bentrok, termasuk rawannya politik uang pada masa tenang dan saat pemungutan suara, dan kerawanan propaganda negatif di media sosial," ujarnya.

BACA JUGA:Bawaslu Kota Tegal Buka Pendaftaran 377 Pengawas TPS

BACA JUGA:Bawaslu Kota Tegal Launching Buku Kaleidoskop Kerja Pengawas Ad-hoc Pemilu 2024

Menurut Dadang, hal tersebut perlu diawasi secara intensif dan dicegah sedini mungkin, agar Pilkada yang berjalan benar-benar jujur dan kondusif. Hal lain adalah terkait netralitas ASN, yang wajib tidak memihak siapapun.

"Kemudian peran pemerintah dalam mensukseskan Pilkada, tak henti-hentinya melaksanakan pendidikan politik melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol). Termasuk membentuk Desk Pilkada, saya berharap semuanya berjalan lancar dalam rangka menuju Pilkada tahun 2024 di Kota Tegal," tambahnya.

Ketua Bawaslu Kota Tegal Fauzan Hamid mengutarakan bahwa Bawaslu membutuhkan peran serta masyarakat untuk suksesnya Pilkada 2024. Karena fungsi dan tugas Bawaslu banyak sekali.

"Kalau kita rangkum ada 3 tugas pokok,  yang pertama ada pengawasan, pencegahan dan melakukan tindakan pelanggaran," ujar Fauzan.

BACA JUGA:Bawaslu Kota Tegal Ajak Komunitas Ojek Online dan Difabel Awasi Pilkada Serentak

BACA JUGA:Bawaslu Kota Tegal Ingatkan Netralitas ASN, TNI dan Polri

Fauzan juga menambahkan bahwa masyarakat berpartisipasi aktif untuk bersama-sama mensukseskan seluruh tahapan Pilkada. Jika semua partisipasi berjalan dengan baik, dari mulai komponen di Bawaslu maupun KPU, termasuk partisipasi masyarakat maka bisa turut mensukseskan Pilkada.

Fauzan juga mendorong agar peran serta masyarakat untuk turut mengawasi seluruh tahapan Pilkada.

"Personel Bawaslu juga memiliki keterbatasan jumlah, karenanya sangat mendorong peran serta masyarakat untuk turut mengawasi seluruh tahapan Pilkada. Selain peran serta masyarakat, juga peran stakeholder terkait sangat kami butuhkan untuk bersama-sama mewujudkan suasana kondusif di Kota Tegal," ujarnya.

Kategori :