Hp Cepat Panas saat Digunakan? Begini Cara Mengatasinya

Senin 14-10-2024,11:00 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Rochman Gunawan

4. Hindari Menggunakan Casing yang Terlalu Tebal

Casing yang terlalu tebal dapat memerangkap panas di dalam HP. Lepas casing saat bermain game untuk memungkinkan panas terdisipasi dengan lebih baik.

5. Jangan Menutupi Bagian Belakang HP

Bagian belakang HP biasanya memiliki lubang-lubang kecil untuk sirkulasi udara. Jangan menutupi bagian ini dengan tangan atau benda lain saat bermain game.

6. Berikan Jeda Saat Bermain

Berikan jeda beberapa menit setelah bermain game dalam waktu yang lama. Hal ini akan memberi waktu bagi HP untuk mendinginkan diri.

7. Perbarui Sistem Operasi dan Game

Pengembang sering merilis pembaruan yang berisi perbaikan bug dan optimasi kinerja. Pastikan sistem operasi dan game yang Anda mainkan selalu dalam versi terbaru.

8. Gunakan Pendingin HP

Jika masalah panas masih berlanjut, Anda bisa menggunakan pendingin HP (cooler) untuk membantu menurunkan suhu perangkat.

9. Jangan Memainkan Game Saat HP Sedang Charging

Proses pengisian daya akan menghasilkan panas tambahan. Hindari bermain game saat HP sedang dicas untuk mencegah overheating.

10. Pastikan Ventilasi HP Baik

Pastikan HP Anda diletakkan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Hindari meletakkan HP di atas permukaan yang lembut seperti bantal atau selimut.

11. Pentingnya Menjaga Suhu HP

Menjaga suhu HP agar tetap stabil sangat penting untuk menjaga kinerja dan umur panjang perangkat. Overheating dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal HP, seperti baterai dan prosesor.

Kategori :