SMA Negeri 1 Kota Tegal Ajak Orang Tua Sinergi

Selasa 08-10-2024,14:41 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Untuk mewujudkan program sekolah, SMAN 1 Tegal mengajak orang tua sinergi untuk peningkatan prestasi dan sarana prasarana sekolah. 

Selain dihadiri orang tua dan wali siswa kelas X SMAN 1 Tegal, kegiatan sosialisasi program sekolah dan paranting "membangun sinergi antara sekolah denga m orang tua siswa" juga dihadiri pengurus Komite Sekolah periode 2024-2027.

Kepala SMAN 1 Tegal, Rosa Herawati dalam sambutannya, mengajak orang tua siswa untuk ikut mensukseskan program SMAN 1 Tegal. 

BACA JUGA:Satpol PP Kabupaten Tegal Terjunkan 9.396 Personel Satlinmas Amankan Pilkada 2024

"Dengan program-progam yang kami canangkan, semoga SMAN 1 Tegal semakin maju dan berprestasi," kata Rosa. 

Dijelaskan, fasilitas SMAN 1 Tegal memiliki ruang kelas 29 rombongan belajar, laboratorium komputer, laboratorium IPS, dan laboratorium Multimedia, perpustakaan, aula, ruang UKS, serta kantin. 

"Walaupun fasilitas yang kami miliki tidak sempurna, tapi secara bertahap akan dipenuhi," jelasnya. 

Ditambahkan,  saat ini peserta didik ada 1.037 siswa, pendidik ada 52 orang. Untuk implementasi kurikulum merdeka memiliki struktur kurikulum,  antara lain intrakurikulum dan kokurikuler berupa projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

BACA JUGA:Pencari Ikan Paruh Baya Ditemukan Tewas di Waduk Cacaban Kabupaten Tegal

"Untuk kelas X belum ada penjurusan, untuk kelas XI dn XII akan ada 2 kelompok. Kelompok mata pelajaran umum dan wajib diikuti semua peserta didik, dan mata pelajaran pilihan disesuaikan dengan minat, bakat dan kemampuan siswa," tambahnya. 

Koordinator Bimbingan Konseling SMAN 1Tegal, Ani Suparti, menjelaskan soal tindakan pencegahan dan penanganan kekerasan di SMAN 1 Tegal. Saat ini kondisi sedang tidak baik-baik saja, sehingga perlu dilakukan pencegahan dan penanganan kekerasan dilingkungan sekolah. 

"Data kemendikbud ristek saat ini 34, 51 siswa potensi mengalami kekerasan mengalami pelecehan seksual. Sehingga kami melalui TPPKS melakukan pencegahan, karena kami SMAN 1 memiliki target bebas dari pelecehan seksual. Sehingga kami mengajak orang tua siswa untuk aktif, berkomunikasi soal permasalahan di sekolah," paparnya. 

BACA JUGA:Siswi SMK Semarang Hilang saat Mendaki Gunung Slamet

Ketua Komite Sekolah SMAN 1 Tegal, Haryo Teguh,  komite sekolah dan orang tua siswa mensuport program SMAN 1 Tegal. Untuk mewujudkan program, maka pihaknya mengajak kepada semua orang tua SMAN 1 Tegal untuk mensuport dan mendukungnya. 

"Saat ini SMAN 1 Tegal rangking 40 besar tingkat Jawa Tengah, kami mendorong agar SMAN  1 Tegal masuk 10 besar tingkat Jateng. Sehingga kami mengajak orang tua untuk mendukung program yang dicanangkan," tegasnya. 

Kategori :