5 Cara Meningkatkan RAM Hp Android agar Kinerja Optimal

Senin 07-10-2024,22:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - RAM merupakan komponen krusial dalam sebuah HP Android yang berfungsi untuk mempercepat proses data. Ketika kapasitas RAM hampir penuh, kinerja aplikasi dan sistem bawaan akan menurun. Ketahui beberapa cara meningkatkan RAM Hp Android agar kinerja optimal.

Di antara berbagai komponen dalam Hp Android, RAM adalah salah satu yang paling vital. Tanpa RAM yang cukup, aktivitas sehari-hari di ponsel akan terganggu. Oleh karena itu, simak cara meningkatkan RAM Hp Android agar kinerja optimal.

Cara meningkatkan RAM Hp Android agar kinerja optimal. Kapasitas RAM dalam perangkat sangat mempengaruhi kecepatan pemrosesan data. Dengan RAM yang lebih besar, aktivitas seperti penyimpanan data, pembukaan file, dan menjalankan aplikasi akan berlangsung lebih cepat. Sebagai acuan, semakin banyak tugas yang dilakukan ponsel, semakin banyak RAM yang diperlukan.

Namun, tidak perlu khawatir. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menambah RAM HP Android untuk meningkatkan kinerjanya. Apa saja langkah-langkah yang perlu diambil? Berikut adalah cara meningkatkan RAM Hp Android agar kinerja optimal yang dilansir dari Doran Gadget.

BACA JUGA:5 Hp Android dengan Kamera Malam Terbaik dan Harga Terjangkau

Cara Meningkatkan RAM Hp Android agar Kinerja Optimal

Berikut adalah 5 cara meningkatkan RAM Hp Android agar kinerja optimal, baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Cara ini umumnya berlaku untuk sebagian besar HP Android yang digunakan di Indonesia.

1. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan  

Jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi tertentu, alternatif yang bisa dipilih adalah menonaktifkannya sementara. Terutama untuk aplikasi bawaan Google yang sering mengonsumsi banyak RAM. Untuk menonaktifkannya, Anda dapat memanfaatkan fitur Disable. Ini sangat berguna untuk aplikasi yang terus berjalan di latar belakang. Berikut langkah-langkahnya:

Masuk ke PlayStore dan tekan foto profil di sudut kanan atas.  

Kemudian, pilih menu “Help & Feedback” dan ketik “Disable App” di kolom pencarian.  

Setelah itu, klik tautan yang muncul di “Tap to go to Application Settings”.  

Di sini, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan dengan menekan tombol “Disable”.  

2. Hapus Aplikasi Berukuran Besar

Langkah selanjutnya yang mudah adalah menghapus aplikasi yang memiliki ukuran besar, terutama jika aplikasi tersebut jarang digunakan. Semakin banyak aplikasi yang terpasang, semakin sedikit ruang yang tersedia. Untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai, ikuti langkah-langkah berikut:

Kategori :