Peringati Hari Batik, Penumpang Kereta Stasiun Semarang Diajak Membatik

Kamis 03-10-2024,17:58 WIB
Reporter : Wahyu Sulistiyawan
Editor : Laela Nurchayati

SEMARANG, diswayjateng - Dalam rangka memperingati hari batik, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 mengajak penumpang dan pengunjung untuk membatik di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. Acara "Batik on Stasiun" ini menghadirkan demonstrasi live membatik dan juga bazar batik.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen KAI dalam melestarikan warisan budaya bangsa, yakni batik.

"Kami ingin para penumpang dapat lebih mengenal dan mengapresiasi kekayaan batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia. Melalui acara ini, KAI mengajak masyarakat untuk terlibat langsung dalam proses membatik dan sekaligus mengenal sejarah batik lebih dalam," ungkapnya Rabu 2 Oktober 2024.

 

Dalam kegiatan bazar tersebut diikuti empat UMKM asal Kota Semarang, yakni Omah Batik Wasistha, Puspa Ayu, Yeyen Art dan Antique Batik. Keempat UMKM tersebut menampilkan berbagai produk batik dengan ragam motif dan corak yang khas budaya lokal.

 

BACA JUGA:Gandeng Siswa SMK, Indonesian Fashion Chamber Tampilkan 48 Busana Batik dari 21 Desainer

BACA JUGA:Desainer Elkana: Belilah Batik Cap dan Tulis, Jangan Batik Printing

 

Pada acara ini penumpang dapat merasakan langsung sensasi membatik yang dibimbing oleh para seniman batik dari Batik Sekar Arum, penumpang dapat membuat batik dengan motif khas daerah seperti batik Semarangan, batik Pekalongan, motif Asem, Lurik, Madura, hingga tenun.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, penumpang tidak hanya menikmati perjalanan mereka, tetapi juga mendapatkan pengetahuan baru tentang batik, sekaligus turut serta dalam pelestarian budaya yang sangat berharga ini," lanjutnya. 

Ia juga menambahkan bahwa acara ini menjadi bentuk apresiasi KAI kepada para pelanggan setia, dengan memberikan pengalaman yang tidak hanya menghibur, tetapi juga edukatif.

“Melalui acara ini, KAI berupaya untuk terus mendekatkan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat dan penumpang, serta memperkuat identitas bangsa melalui pengenalan dan pelestarian batik sebagai warisan leluhur,” ujar Franoto.

 

Kategori :