Cara Menjadikan Kamera Hp sebagai Webcam

Minggu 15-09-2024,19:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Artikel ini akan membahas cara menjadikan kamera Hp sebagai webcam dengan mudah. Perkembangan teknologi saat ini mengharuskan kita untuk memiliki keterampilan dalam berbagai aspek. Salah satu contohnya adalah mengatasi masalah kamera laptop yang memiliki resolusi rendah, sehingga kita dapat mendapatkan gambar yang lebih jelas, bahkan jika menggunakan PC yang tidak dilengkapi kamera.

Cara menjadikan kamera Hp sebagai webcam dengan mudah. Menariknya, Smartphone modern kini dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi. Dari segi performa, Smartphone terbaru mampu menghasilkan foto yang sangat baik.

Kamu bahkan dapat memanfaatkan Smartphone tersebut sebagai webcam untuk laptop atau PC. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang beralih menggunakan kamera Smartphone sebagai webcam untuk mendapatkan tampilan yang lebih jelas. Oleh karena itu, ketahui cara menjadikan kamera Hp sebagai webcam dengan mudah.

Kamu dapat memanfaatkan perangkat Smartphone yang biasa digunakan sehari-hari. Terlebih lagi, kualitas kamera Smartphone saat ini cukup baik untuk dijadikan webcam. Lalu, bagaimana  cara menjadikan kamera Hp sebagai webcam dengan mudah untuk mendukung kebutuhan rapat virtual dengan mudah? Mari simak beberapa cara yang akan dijelaskan dalam artikel ini, yang dilansir dari Eraspace.

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Mengatasi Ghost Touch pada Layar Hp

Berikut adalah beberapa cara menjadikan kamera Hp sebagai webcam dengan mudah:

1. Menggunakan Aplikasi untuk Mengubah Smartphone Menjadi Webcam

Untuk mengubah Smartphone menjadi webcam, kamu memerlukan beberapa perangkat tambahan, salah satunya adalah aplikasi webcam. Perkembangan teknologi telah menghadirkan berbagai pilihan aplikasi yang dapat digunakan untuk menjadikan Smartphone sebagai webcam. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk tujuan tersebut:

DroidCam

Aplikasi DroidCam yang memudahkan Anda menjadikan ponsel sebagai webcam. Aplikasi ini memiliki banyak pengguna dan pengaturan yang cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi DroidCam:

  1. Unduh aplikasi DroidCam dari Google Play Store atau Apple App Store di ponsel atau laptop Anda dan ikuti proses instalasinya.
  2. Buka aplikasi DroidCam di ponsel dan laptop Anda. Pastikan kedua perangkat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.
  3. Di aplikasi DroidCam, Anda akan melihat angka di kolom Wifi IP dan DroidCam Port. Masukkan angka tersebut ke kolom IP perangkat dan Port DroidCam yang ada di perangkat Anda.
  4. Pastikan bagian Video dan Audio di laptop/PC dinonaktifkan, lalu klik mulai.
  5. Kemudian, buka aplikasi pertemuan atau video call yang ingin Anda gunakan.
  6. Pastikan pengaturan input kamera dan mikrofon sudah disesuaikan dengan pengaturan DroidCam dan DroidCam Virtual Audio.
  7. Kamera dan aplikasi siap digunakan untuk panggilan video dan konferensi.

iVCam

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah ponsel menjadi webcam adalah iVCam. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memanfaatkan ponsel Anda sebagai webcam dengan berbagai fitur menarik yang tersedia. Setelah menginstal aplikasi ini di laptop atau PC, pastikan Anda terhubung ke internet untuk dapat menggunakan aplikasi ini dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Aktifkan aplikasi di kedua perangkat secara bersamaan.
  2. Sambungkan kedua perangkat ke jaringan Wi-Fi yang sama atau gunakan kabel USB jika tidak ada Wi-Fi.
  3. Pilih ponsel Anda di aplikasi yang telah diinstal di laptop atau PC.
  4. Setelah terdeteksi, Anda dapat menggunakan kamera ponsel untuk aplikasi Zoom atau panggilan video lainnya di laptop atau PC.

Secara umum, terdapat beberapa aplikasi webcam untuk ponsel yang dapat kamu manfaatkan. Namun, kedua aplikasi ini dapat dijadikan contoh bagi pengguna yang ingin belajar cara mengubah ponsel menjadi webcam.

BACA JUGA:6 Cara Mengatasi Sendiri Layar Hp yang Bergaris

2. Menghubungkan Aplikasi Webcam HP Melalui Bluetooth  

Kategori :

Terkini

Minggu 15-09-2024,22:00 WIB

6 Hp dengan Stylus Pen Terbaik

Minggu 15-09-2024,21:30 WIB

6 Hp dengan Kamera Telephoto Terbaik

Minggu 15-09-2024,20:30 WIB

5 Alasan Membeli Oppo A3X

Minggu 15-09-2024,20:00 WIB

6 Hp Fast Charging 120 Watt Terbaik