6 Cara Mengatasi Sendiri Layar Hp yang Bergaris

Minggu 15-09-2024,08:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID -  Artikel ini akan membahas mengenai cara mudah mengatasi layar Hp yang bergaris tanpa perlu servis. Layar Hp bergaris bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama jika penyebabnya tidak jelas. Garis-garis tersebut bisa muncul secara horizontal atau vertikal dengan warna yang bervariasi, seperti hitam, putih, atau hijau.

Cara mudah mengatasi layar Hp yang bergaris tanpa perlu servis. Keluhan mengenai layar HP bergaris sering kali dialami oleh banyak pengguna. Tentu saja, ini bisa sangat mengganggu. Penyebab dari masalah ini bisa beragam, mulai dari isu perangkat lunak hingga kerusakan fisik pada layar itu sendiri.

Cara mudah mengatasi layar Hp yang bergaris tanpa perlu servis. beberapa situasi, layar yang bergaris mungkin disebabkan oleh bug sederhana yang dapat diatasi dengan melakukan restart ponsel atau melakukan pembaruan perangkat lunak. Namun, ada juga kemungkinan adanya kerusakan hardware yang lebih serius, seperti masalah pada papan sirkuit atau kerusakan pada layar LCD.

Jangan khawatir, ada beberapa cara mudah mengatasi layar Hp yang bergaris tanpa perlu servis. Artikel ini siap membantu Anda mengatasi layar HP yang bergaris dan berbayang dengan langkah-langkah berikut yang dilansir dari Telkomsel:

BACA JUGA:5 Rekomendasi Hp Gaming Terbaik, Spek Gahar dengan Desain Menawan

Berikut ini 6 cara mudah mengatasi layar Hp yang bergaris tanpa perlu servis:

1. Habiskan Baterai

Biarkan baterai HP Anda habis hingga 0%, kemudian isi kembali hingga 100% dalam keadaan mati total. Langkah ini dapat membantu mengatasi masalah layar bergaris yang disebabkan oleh masalah kelistrikan. Umumnya, garis pada layar akan hilang saat HP dinyalakan kembali dengan daya baterai yang penuh.

2. Restart HP

Melakukan restart pada HP dapat membantu mengatasi masalah layar bergaris yang disebabkan oleh perangkat lunak. Terkadang, HP dapat terinfeksi bug atau malware tanpa kita sadari, yang menyebabkan kesalahan.

Dengan melakukan restart, Anda dapat memperbaiki bug atau kesalahan dalam sistem operasi, aplikasi yang tidak kompatibel, atau infeksi malware. Untuk merestart HP, cukup tekan dan tahan tombol power, lalu pilih opsi "mulai ulang".

3. Menghapus Cache  

Salah satu penyebab layar HP yang bergaris bisa jadi disebabkan oleh masalah cache di perangkat. Cache aplikasi yang rusak atau tidak kompatibel dapat menyebabkan tampilan layar menjadi tidak normal.  

Untuk mengatasinya, kamu bisa menghapus cache aplikasi dengan cara masuk ke Pengaturan di HP. Pilih menu “Aplikasi”, kemudian pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya. Setelah itu, klik “Penyimpanan” dan pilih “Hapus cache”.  

BACA JUGA:5 Daftar Hp Vivo V Series RAM 8GB, Harga Cuma Rp2 Jutaan

Kategori :