5 Tips Galbay Pinjol Ilegal agar Aman dari DC

Kamis 12-09-2024,08:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Penggunaan pinjol ilegal sebenarnya tidak dianjurkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Namun, bagi yang sudah terlanjur galbay perlu mengetahui tips galbay pinjol ilegal agar aman dari teror dan kejaran DC ilegal. 

Pinjol ilegal telah menjadi fenomena yang meresahkan masyarakat. Pinjol ilegal adalah lembaga pinjaman yang tidak memiliki izin dan tidak diatur oleh otoritas keuangan resmi. Dengan begitu, tak jarang nasabah yang mencari tips galbay pinjol ilegal.  

Tips galbay pinjol ilegal dapat mengamankan data pribadi nasabah. Pasalnya pinjol ilegal jika dibiarkan saja, maka bisa melakukan praktik penagihan yang seenaknya seperti ancaman dan teror kepada nasabah.  

Dibawah ini ada beberapa tips galbay pinjol ilegal yang tepat dan sesuai dengan anjuran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan menerapkan beberapa langkah berikut ini pengguna yang terlanjur galbay juga aman dari teror dan ancaman oleh pihak DC / debt collector pinjol. 

BACA JUGA:Begini Tips Galbay Pinjol Ilegal Menurut OJK jika Sulit Melunasi Utang

Pinjol ilegal sering kali menawarkan kemudahan dalam pencairan dana dengan syarat yang sangat ringan. Namun, di balik itu semua, terdapat bunga yang sangat tinggi dan mekanisme penagihan yang tidak manusiawi. 

Banyak nasabah yang galbay di pinjol ilegal mendapatkan ancaman melalui telepon, pesan teks, WhatsApp, bahkan email, hingga melibatkan kerabat terdekat. 

Tips Galbay Pinjol Ilegal Agar Aman 

1. Hapus Izin Akses Kontak di HP

Tips galbay pinjol ilegal yaitu dengan menghapus izin akses kontak di HP. Dengan menggunakan akses kontak di ponsel untuk menekan peminjam, mereka akan menghubungi orang-orang di daftar kontak untuk mempermalukan atau menekan kalian.

Untuk menghindari hal ini, segera hapus izin akses kontak yang diberikan kepada aplikasi pinjol ilegal. Langkah ini bisa dilakukan melalui pengaturan di ponsel kalian.

BACA JUGA:6 Cara Galbay Pinjol Ilegal Terbaru 2024, Gak Perlu Panik Teror

2. Jangan Langsung Panik

Ketika menerima ancaman atau intimidasi dari debt collector, tips galbay pinjol ilegal yang harus dilakukan yaitu tetap tenang. Panik hanya akan membuat situasi semakin sulit dihadapi.

Berusaha untuk tetap rileks dan berpikir jernih. Cobalah untuk berkomunikasi dengan pihak penagih, tanyakan apakah ada solusi yang dapat dilakukan, seperti restrukturisasi utang atau penangguhan pembayaran.

Kategori :