Cara Mengatasi Hp Android dan iPhone Kemasukan Air

Rabu 11-09-2024,13:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Tidak semua ponsel yang terkena air dapat bertahan. Ponsel yang tidak dilengkapi dengan fitur tahan air berisiko langsung mati ketika air masuk ke dalam perangkat. Apa yang sebaiknya dilakukan jika ponsel terkena air? simak cara mengatasi Hp kemasukan air pada Android dan iPhone.

Jangan terburu-buru dalam menangani ponsel yang mati total akibat air. Penanganan yang tidak tepat dapat menyebabkan ponsel tidak dapat dihidupkan kembali. Pertolongan pertama sangat penting sebelum membawanya ke layanan perbaikan jika diperlukan. Oleh karena itu, ketahui cara mengatasi Hp kemasukan air pada Android dan iPhone.

Cara mengatasi Hp kemasukan air pada Android dan iPhone. Umumnya, saat ponsel terkena air, beberapa bagian dari perangkat tersebut akan mengalami masalah. Jika ponsel masih menyala setelah terkena air, kemungkinan besar masalah akan muncul pada speaker. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa setiap bagian ponsel secara menyeluruh setelah terkena air.

Cara mengatasi Hp kemasukan air pada Android dan iPhone. Di sisi lain, ada ponsel yang dilengkapi dengan fitur tahan air. Ponsel ini memiliki kode perlindungan terhadap air yang dikenal sebagai IP (Ingress Protection). IP menunjukkan seberapa efektif perangkat tersebut dalam mencegah masuknya benda padat dan cairan.

BACA JUGA:5 Hp Android dengan Kamera Ultrawide Terbaik

Kode IP terdiri dari dua digit angka. Digit pertama menunjukkan perlindungan terhadap benda padat seperti debu, sedangkan digit kedua berkaitan dengan ketahanan terhadap cairan, terutama air.

Sebagai contoh, IP68 menunjukkan bahwa ponsel terlindungi dari debu, kotoran, dan pasir pada level 6. Selain itu, ponsel tersebut juga memiliki perlindungan terhadap perendaman air hingga kedalaman satu meter pada level 8. Mari simak artikel dan baca sampai selesai ya!

Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air Pada Android 

Ponsel Android yang memiliki fitur perlindungan terhadap debu dan air umumnya terdapat pada segmen kelas menengah dan atas. Ponsel kelas rendah lebih rentan terhadap masalah akibat kemasukan air. Oleh karena itu, perlu perhatian lebih ketika ponsel tiba-tiba terkena air.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi Hp kemasukan air pada Android:

1. Segera matikan ponsel

Jika ponsel masih menyala setelah terkena air, segera matikan. Setelah itu, hindari menekan tombol apapun agar air tidak menyebar lebih jauh ke dalam komponen ponsel yang dapat menyebabkan kerusakan.

2. Lakukan pembersihan dan pengeringan

Proses pembersihan dan pengeringan dapat berbeda antara ponsel yang tahan air dan ponsel biasa. Untuk ponsel Android yang memiliki ketahanan air, Anda dapat merendamnya dalam air keran yang tenang.

Sementara itu, untuk ponsel biasa, pengeringan harus dilakukan dengan hati-hati pada bagian luar dan area yang dapat dijangkau menggunakan tisu atau kain yang menyerap air. Goyangkan dengan lembut untuk mengeluarkan air dari port pengisian daya.

3. Tempatkan dalam kotak berisi silika gel

Kategori :