HUT ke-79 TNI AL, 320 Pelajar Ikuti Makan Bergizi Gratis Serentak

Selasa 10-09-2024,08:30 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Sebanyak 320 siswa siswi mengikuti Makan Bergizi Gratis (MBG) dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) tahun 2024 di Sekolah Dasar (SD) 8 dan 9 Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Tegal Dadang Somantri, Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono, Letkol Laut (P) Adi Surono, Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal. 

Penjabat Wali Kota Tegal Dadang Somantri menyampaikan bahwa pihaknya merasa berbahagia. Karena dapat membersamai anak-anak melaksanakan Makan Bergizi Gratis (MBG) yang diinisiasi oleh Komandan Lanal Tegal beserta jajarannya.

BACA JUGA:Jelang Pilkada 2024, Giliran Satlinmas Adiwerna Kabupaten Tegal Digembleng

Bahwa program MBG merupakan program politik dari Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang akan dilaksanakan pada tahun 2025. Kota Tegal merupakan salah satu daerah yang dipilih sebagai pilot projek MBG. 

"Pemerintah Kota Tegal menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Kami akan mendukung sepenuhnya, bentuk dukungannya dari lembaga yang memiliki kelebihan rejeki yang turut serta, sehingga kami menganggap bahwa hari ini sebagai pra gladi dalam  uji coba MBG,’’ ujarnya.

Dadang Somantri juga mengutarakan bahwa pada bulan September akan ada uji coba MBG di Kota Tegal melibatkan beberapa sekolah tingkat SD dan SMP. Dengan dukungan anggaran dari Pemda dan kawan-kawan akan melakukan gladi MBG tangal 12 September, uji coba yang sebenarnya 17-20 September, tangal 19  akan kedatangan tamu dari Jakarta yang akan mengevaluasi bagaimana proses pengadaan mulai dari pemasok dari UMKM sampai perjalanan ke sekolah dinikmati anak-anak.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Beri Bekal Orientasi Pramuka

"Dan sisa makanan ini mau diapakan, hal itu benar-benar komprehensif dari hulu ke hilir dan Kota Tegal sudah mempersiapkan itu. Termasuk sampah, nanti dari DLH sudah disiapkan,’’ ujarnya.

Selain itu, Dadang Somantri juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tegal telah melakukan kerjasama dengan UMKM penyedia bahan baku BMG. UMKM sudah ada kontrak kerjasama, sehingga  tidak akan merasa dan khawatir kekurangan bahan baku untuk kebutuhan bahan baku MBG.

BACA JUGA:Dinas Perkim Kawal Banprov Relokasi Rumah Warga Dermasuci

"Karena kita tahu Kota Tegal merupakan importir bahan makan ini, karena kalau diikat dari sekarang, karena nanti pada saatnya pelaksanaan 2025 hampir semua daerah melaksanakan hal sama maka kita harus melakukan kerjasama dengan UMKM penyedia bahan makanan,’’ tambah Dadang.

Dadang juga mengutarakan bahwa, panitia pelaksana MBG Kota Tegal sudah disupervisi oleh Tim 5 Wantimpres dalam rangka persiapan melaksanakan MBG dan kerjasama pemenuhan kebutuhan susunya.

Karena susu yang nantinya disediakan adalah susu berbeda dengan yang dijual di umum. 

BACA JUGA:PDIP Optimis Menang di Pilbup Tegal

"Kegiatan di 2025 Kota Tegal nantinya saya harap kegiatan MBG di Kota Tegal akan berjalan dengan baik, semua stakeholder sengkuyung, ikut sinergi dan kolaborasi untuk melaksanakan MBG untuk anak-anak SD, SMP dan membangun masa depan yang lebih baik,’’ ujarnya.

Kategori :