5 Cara Lepas dari Lilitan Utang

Selasa 10-09-2024,15:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

4. Tetap Konsisten Membayar

Cara lepas dari lilitan utang berikutnya yaitu tetaplah fokus dan konsisten dalam melunasi utang dengan cepat. Hanya memiliki niat yang kuat tidaklah cukup. Tunjukkan dengan tindakan nyata yang konsisten untuk memberikan prioritas pada pelunasan utang. Meskipun dengan nominal yang kecil namun secara berkala, beban utangmu akan berkurang.

5. Kelola Semua Pendapatan

Cara lain yaitu dengan mengelola semua pendapatan. Setelah mengetahui berapa jumlah yang harus dikeluarkan untuk membayar semua utang setiap bulan, catat berapa pendapatan yang diperoleh setiap bulan.

Dengan begitu, kalian bisa menentukan proporsi uang yang harus disisihkan untuk memberikan prioritas pada pelunasan utang dengan cepat. Usahakan sisihkan 30% dari penghasilan untuk melunasi utang. Jika bisa lebih besar, itu akan lebih baik.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mudah Bebas dari Lilitan Utang Pinjol? Simak 4 Langkah Efektif Ini

Jika nominalnya lebih kecil, tidak masalah asalkan tetap dicicil secara konsisten. Jika perlu, gunakan dana darurat atau tabungan. Jangan menggunakan cara "berutang untuk melunasi utang". Hal ini sama dengan menggali lubang tutup lubang.

Selain menyisihkan pendapatan untuk pelunasan utang, pisahkan juga untuk pengeluaran kebutuhan pokok dan investasi. Jika proporsi pendapatan untuk melunasi utang lebih besar daripada untuk pengeluaran kebutuhan dan investasi, itu akan lebih baik.

Misalnya, alokasikan 50% untuk melunasi utang, 40% untuk kebutuhan pokok, dan sisanya 10% untuk investasi. Ingat, selain tekad, juga dibutuhkan pengorbanan agar segera terbebas dari jeratan utang.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara lepas dari lilitan utang yang dapat kalian lakukan dan terapkan agar bebas dari beban tagihan yang kian menumpuk. Semoga bermanfaat. 

Kategori :