10 Cara Mengatasi Aplikasi yang Crash di Perangkat Android

Senin 09-09-2024,19:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Cara mengatasi aplikasi yang mengalami crash di perangkat Android merupakan hal yang penting untuk dipahami, karena ketika aplikasi tidak berfungsi dengan baik, pengguna tidak dapat memanfaatkannya secara optimal.

Cara mengatasi aplikasi yang mengalami crash di perangkat Android. Crash pada aplikasi adalah masalah yang dapat terjadi kapan saja di perangkat Android. Umumnya, penyebab aplikasi crash bervariasi, mulai dari kesalahan dalam kode aplikasi hingga kondisi perangkat yang tidak stabil.

Kejadian crash pada aplikasi di smartphone Android bisa terjadi secara tiba-tiba. Tanda-tanda crash biasanya berupa aplikasi yang menutup sendiri saat sedang digunakan. Jika Anda mengalami hal ini, ada beberapa cara mengatasi aplikasi yang mengalami crash di perangkat Android yang dapat dicoba untuk mengatasi aplikasi Android yang crash.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel cara mengatasi aplikasi yang mengalami crash di perangkat Android yang perlu diketahui.

BACA JUGA:4 Hp Android yang Support Wireless Charging Terbaik dan Murah

Cara Mengatasi Aplikasi yang Crash di Android

Berdasarkan informasi dari laman Avast.com, berikut adalah 10 cara mengatasi aplikasi yang mengalami crash di perangkat Android:

1. Perbarui Sistem Operasi

Pastikan sistem operasi perangkat Anda telah diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan sistem operasi sering kali menyertakan perbaikan yang dapat mengatasi masalah crash pada aplikasi. Untuk memeriksa pembaruan sistem operasi, buka Pengaturan, pilih opsi tentang telepon, dan cari pembaruan perangkat lunak.

2. Mengatur Ulang Data Aplikasi  

Langkah selanjutnya adalah mereset data aplikasi. Akses Pengaturan > Aplikasi, cari aplikasi yang mengalami crash, lalu pilih opsi "Hapus Data". Proses ini akan menghapus semua data yang tersimpan dalam aplikasi, termasuk pengaturan dan preferensi, sehingga aplikasi akan kembali ke kondisi awal.

3. Paksa Berhenti Aplikasi

Langkah ketiga yang bisa dilakukan saat aplikasi crash adalah memaksa berhenti aplikasi tersebut. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Pengaturan, kemudian pilih opsi Aplikasi atau Aplikasi & Notifikasi.

Cari aplikasi yang bermasalah, lalu pilih "Paksa Berhenti". Tindakan ini memberikan kesempatan bagi aplikasi untuk melakukan reset.

4. Restart Perangkat Android

Kategori :