8 Pihak yang Membantu saat Terlilit Utang Pinjol

Minggu 08-09-2024,17:45 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Jika sedang dalam kesulitan saat membayar pinjol atau pinjaman online, pertimbangkan untuk bernegosiasi dengan penyedia pinjaman untuk mendapatkan opsi pembayaran yang lebih terjangkau atau program restrukturisasi utang.

5. Pendamping Keuangan 

Memiliki pendamping keuangan pribadi yang bisa memberikan bimbingan dan akuntabilitas dalam mengelola utang kalian juga dapat menjadi pilihan yang baik.

6. Program Pemerintah 

Pihak yang membantu saat terlilit utang pinjaman online atau pinjol berikutnya yaitu program pemerintah. Beberapa pemerintah daerah atau pusat biasanya menawarkan program bantuan keuangan untuk individu yang mengalami kesulitan finansial. Cari tahu apakah ada program serupa tersedia di wilayah tempat tinggal masing-masing. 

Jika memungkinkan, meminta bantuan kepada keluarga atau teman terdekat juga diperlukan. Dukungan moral dan finansial diperlukan dari orang terkasih, sekalipun hanya bantuan dalam nasihat pengelolaan utang.

BACA JUGA:4 Tips Mengatasi Lilitan Utang Pinjol agar Bebas Teror DC Lapangan

7. Klinik Hukum 

Jika masalah hukum terkait pinjol alias pinjaman online mendera, klinik hukum dapat menjadi salah satu pihak yang membantu saat terlilit utang pinjaman online atau pinjol. Mereka menyediakan layanan hukum gratis atau dengan biaya rendah.

8. Organisasi Nirlaba 

Banyak organisasi nirlaba menawarkan layanan konseling keuangan gratis atau dengan biaya rendah. Mereka bisa membantu menilai situasi keuangan dan memberikan saran tentang langkah-langkah yang harus diambil untuk menyelesaikan utang.

Meminta bantuan merupakan langkah penting dalam menyelesaikan utang pinjol alias pinjaman online dan mengelola keuangan dengan lebih sehat. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari berbagai sumber yang tersedia. 

Dengan demikian beberapa informasi mengenai berbagai pihak yang membantu saat terlilit utang pinjol alias pinjaman online yang dapat kalian manfaatkan untuk meringankan beban tagihan kalian. Semoga bermanfaat. 

Kategori :