Debt Collector Pinjol yang Datang ke Rumah, Apa Saja?

Sabtu 07-09-2024,14:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Debt Collector pinjol yang datang ke rumah berikutnya yaitu Kredit Pintar, setelah selama 90 hari menunggak pinjaman, pihak DC akan datang ke rumah dengan berpakaian rapi dan menagih dengan sopan. Waktu penagihan antara pukul 8 pagi sampai 8 malam pada hari kerja.

Sebagai simulasi, misalnya nasabah mengajukan pinjaman pada tanggal 7 Januari 2023 dan pada tanggal 7 Februari, Maret, atau April 2023 nasabah masih belum membayar tagihan. Nasabah akan menerima pemberitahuan dari pihak Kredit Pintar bahwa Debt Collector (DC) akan datang ke rumah.

Cara Menghadapi Para Debt Collector

1. Penyitaan Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia

Lihat juga adanya sertifikat jaminan fidusia. Bentuknya yaitu dokumen asli atau penyitaan barang. Jika debt collector tidak dapat menunjukkan sertifikat tersebut, tolak aktivitas penyitaan.

2. Jelaskan Alasan Keterlambatan dengan Baik

Nasabah harus menjelaskan secara baik alasan terlambat atau menunggak membayar utang. Kalian juga perlu menambahkan akan menghubungi pihak pemberi pinjaman soal utang tersebut.

Ingat juga jangan menjanjikan apapun pada debt collector untuk memperpanjang masa penagihan pinjaman. Ini bisa membuat proses penagihan menjadi semakin rumit.

BACA JUGA:5 Tips Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

3. Tanyakan Identitas

Saat debt collector datang, sambutlah dengan sopan dan tanyakan identitas mereka. Ketahui juga soal identitas debt collector, mulai dari siapa yang memberi perintah penagihan dan kontak pemberi tanggung jawab.

4. Cari Tahu Surat Kuasa Penagihan Jika Ada Penyitaan Barang

Surat kuasa yaitu bukti barang sitaan imbas penunggakan bayar utang bisa diambil. Ini wajib diterbitkan oleh penyedia pinjaman online tempat pinjaman diajukan.

5. Minta Menunjukkan Kartu Sertifikasi Profesi

Para debt collector resi akan mendapatkan sertifikat Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia atau APPI. Ini bertujuan agar penagih utang bisa menunjukkan bukti aktivitas profesinya.

Itulah beberapa informasi seputar debt collector / DC apa saja yang datang ke rumah? beserta cara menghadapi para DC yang perlu kalian perhatikan dan pahami. Semoga bermanfaat. 

Kategori :