8 Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul Tiba-tiba di Hp Android

Jumat 06-09-2024,15:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Iklan pada perangkat mobile sering kali mengganggu pengguna saat menjelajahi browser atau aplikasi. Iklan dapat muncul di berbagai tempat, seperti layar kunci, area notifikasi, email, dan beranda. Oleh karena itu, simak beberapa cara efektif menghilangkan iklan yang muncul secara tiba- tiba di Hp Android.

Cara efektif menghilangkan iklan yang muncul secara tiba- tiba di Hp Android. Iklan pop-up di Android biasanya berasal dari aplikasi yang sering digunakan serta browser. Munculnya iklan pop-up di layar perangkat dapat mengganggu pengalaman berselancar. Misalnya, iklan pop-up yang muncul melalui mesin pencari.

Pengguna dapat mencari berbagai informasi melalui mesin pencari Google. Terdapat banyak cara efektif menghilangkan iklan yang muncul secara tiba- tiba di Hp Android. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan mengaktifkan fitur Adblock yang tersedia di ponsel. 

Untuk mengetahui lebih lanjut berikut adalah cara efektif menghilangkan iklan yang muncul secara tiba- tiba di Hp Android yang perlu Anda ketahui dilansir dari sumber Katadata.co.id.

BACA JUGA:Cara Mengubah Password WiFi melalui Hp Android dan iOS

Cara efektif menghilangkan iklan yang muncul secara tiba- tiba di Hp Android

Munculnya iklan pop-up di ponsel Android sering kali terjadi saat membuka aplikasi. Seringkali, iklan pop-up ini dapat mengandung virus dan malware yang berpotensi membahayakan keamanan data di ponsel.

Iklan pop-up ini biasanya muncul ketika pengguna mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya dan memiliki rating rendah di Play Store. Berikut adalah  cara efektif menghilangkan iklan yang muncul secara tiba- tiba di Hp Android.

1. Aktifkan Menu Keamanan

Salah satu risiko terbesar dari iklan pop-up adalah potensi infeksi virus atau malware dari aplikasi yang berbahaya. Beberapa iklan di perangkat Android dapat menipu pengguna untuk menginstal aplikasi tertentu. Untuk menghindari infeksi virus, disarankan untuk mengaktifkan menu keamanan di Pengaturan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

Buka menu Pengaturan di perangkat Android Anda, pilih menu Keamanan, dan aktifkan opsi Jangan Izinkan Penginstalan Aplikasi dari Sumber yang Tidak Dikenal. Tindakan ini akan mencegah perangkat Android Anda menginstal aplikasi secara otomatis dari sumber yang tidak terpercaya.

2. Blokir Iklan Pop Up di Browser

Browser bawaan pada perangkat Android, yaitu Chrome, menyediakan fitur untuk memblokir iklan pop-up. Chrome biasanya menampilkan konten dari halaman web, dan banyak iklan muncul setelah mengakses halaman web melalui browser ini. Untuk memblokir iklan pop-up di Chrome, lakukan langkah-langkah berikut:

Buka browser Chrome, klik ikon di sudut kanan atas, kemudian pilih tombol tiga titik vertikal.

Pilih menu Pengaturan, gulir ke bawah hingga menemukan Pengaturan Situs.

Kategori :