7 Ciri LCD Handphone Rusak

Jumat 06-09-2024,05:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Garis tersebut bisa muncul dalam bentuk vertikal atau horizontal, dengan warna yang bervariasi, seperti oranye, kuning, hijau, dan lainnya. Berbagai faktor dapat menyebabkan munculnya garis pada LCD, seperti ponsel yang terlalu panas, kerusakan pada komponen, usia ponsel yang sudah tua, terkena air, dan banyak penyebab lainnya.

BACA JUGA:7 Cara Mengatasi Hp Tidak Ada Suara

4. No Display pada HP

Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana layar ponsel tidak menampilkan apapun? Kondisi ini dikenal sebagai no display. Dalam keadaan ini, layar ponsel akan tampak hitam tanpa tampilan apapun. No display biasanya terjadi karena backlight ponsel tidak berfungsi lagi.

Meskipun ponsel dalam kondisi no display, sebenarnya masih berfungsi dengan baik. Sistem di dalamnya tetap berjalan normal. Namun, layar ponsel tidak dapat menampilkan apapun karena ada komponen yang rusak pada LCD, sehingga tampilan hanya gelap dan ponsel tidak dapat digunakan secara normal.

Ada berbagai penyebab yang dapat mengakibatkan no display pada ponsel. Salah satu penyebab utama adalah kerusakan komponen akibat berbagai faktor, seperti terkena angin, tekanan dari benda berat, dan lain-lain. Segera bawa ponsel Anda ke tempat perbaikan untuk mengatasi masalah no display ini.

5. Titik Hitam

Salah satu tanda kerusakan LCD pada ponsel adalah munculnya titik hitam. Titik hitam ini dapat muncul di bagian atas, tengah, atau bawah layar dengan ukuran yang bervariasi.

Kehadiran titik hitam pada layar juga dapat menjadi indikasi bahwa LCD mengalami kerusakan. Jika Anda menemukan tanda ini pada ponsel Anda, jangan anggap remeh!

Titik hitam pada layar ponsel dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, penyebab utama dari munculnya titik hitam tersebut adalah masalah pada backlight LCD.

6. Ghost Touch

Ciri lain dari kerusakan LCD adalah munculnya ghost touch. Fenomena ini membuat layar sulit disentuh dan sering kali tidak akurat saat digunakan. Masalah ini biasanya terjadi ketika ponsel dalam kondisi terlalu panas, yang menyebabkan ghost touch muncul.

Salah satu solusi yang dapat kamu coba adalah dengan merestart ponsel. Selain itu, melepas pelindung layar yang terpasang juga bisa membantu mengatasi masalah ini.

7. Layar Burn In

Belakangan ini, fenomena layar burn in cukup sering dialami oleh pengguna Smartphone, terutama pada model terbaru. Layar dengan tipe IPS dan AMOLED adalah yang paling rentan terhadap masalah ini.

Permasalahan burn in ini sebenarnya disebabkan oleh kerusakan komponen akibat kesalahan pabrik, sehingga bukan merupakan kesalahan dari pemilik ponsel. Kamu dapat memanfaatkan garansi resmi yang ada untuk memperbaiki layar burn in pada ponselmu. Dengan menggunakan garansi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Kategori :