Cara Meningkatkan Skor Kredit

Rabu 04-09-2024,20:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Hanya dengan KTP dan informasi jumlah penghasilan, kalian sudah bisa menggunakannya untuk menunda atau mencicil pembayaran ketika membeli suatu barang.

3. Ulangi

Jika sudah satu tahun dan kalian ingin terus meningkatkan skor kredit, ulangi tahap di atas (selalu pastikan ambil nominal yang dapat dilunasi dengan mudah).

Yang sering jadi masalah yaitu ketika skor kredit kalian sudah bagus, kalian mulai mengabaikan bayar cicilan ini tepat waktu sehingga skor kredit perlahan turun. Pastikan hal ini tidak terjadi, caranya yaitu dengan pasang autodebet di rekening bank mu atau paling tidak ya selalu buat reminder pribadi.

4. Pinjam Nominal Kecil

Cara meningkatkan skor kredit berikutnya yaitu pinjam nominal kecil. Berhubung tujuannya yaitu meningkatkan skor kredit (bukan berhutang), maka ambillah pinjaman kecil yang tidak akan mengganggu kondisi finansial kalian.

Ini penting sekali, karena kalian harus memastikan bisa selalu bayar full dan tepat waktu, tanpa mengganggu kondisi keuangan kalian.

BACA JUGA:Cara Meningkatkan Skor Kredit yang Buruk

Tips lainnya yaitu membuka rekening bank, jika kalian bisa mengelola akun bank dengan baik dan cermat serta bisa menunjukkan bahwa kalian merupakan seseorang yang bisa mengatur keuangan, besar kemungkinan kalian akan mendapatkan pinjaman dari Bank yang sama.

Pastinya hal tersebut merupakan langkah yang bagus dalam membangun riwayat kredit dan skor kredit yang baik. Skor kredit merupakan hal yang harus diperhatikan karena menjadi hal yang dasar bagi lembaga keuangan untuk menyetujui pengajuan kredit.

Menggunakan kartu kredit maupun paylater dengan bijak dan membayar tagihan tepat waktu dapat menjadi rekam jejak keuangan yang bagus sehingga skor kredit pun meningkat.

Demikian beberapa informasi mengenai cara meningkatkan skor kredit yang dapat kalian lakukan dan terapkan agar mudah mendapatkan pinjaman kembali. Semoga bermanfaat. 

Kategori :