8 Cara Berhenti dari Pinjol Ilegal

Selasa 03-09-2024,16:45 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Pinjol alias pinjaman online terdapat 2 jenis, yang legal terdaftar di OJK dan ilegal yang keberadaannya tidak diketahui dan pinjamannya transparan. Jika terlanjur terjerat pinjol ilegal, ketahui cara berhenti dari pinjol ilegal tersebut. 

Pihak debt collector (DC) juga sering kali mengancam bahkan sampai menyebar data nasabah jika masa pembayaran nya sudah melewati batas yang ditentukan. Keamanan data pinjaman online ilegal sangat minim dan sangat memungkinkan jika data nasabah akan tersebar ke pihak lain dan bisa disalahgunakan. Untuk itu, cara berhenti dari pinjol ilegal perlu diketahui. 

Cara berhenti dari pinjol ilegal tentunya dapat menjadi solusi tepat, di mana pinjol alias pinjaman online sekarang sudah menjadi alat bantu finansial untuk masyarakat. OJK pun sudah mengimbau untuk melakukan pinjaman online yang sudah legal agar tidak terjerat ke dalam pinjaman online yang ilegal sebab akan merugikan bagi kalian sendiri.

Nah, sebelum mengajukan pinjaman online atau pinjol, sebaiknya cek legalitas terlebih dahulu yang sudah resmi dan terdaftar di OJK / Otoritas Jasa Keuangan agar tidak terjerat pinjol yang tidak resmi. Namun jika sudah terlanjur terjerat dalam pinjaman online ilegal, cara berhenti dari pinjol ilegal harus dilakukan secepatnya sebelum terlambat. 

BACA JUGA:5 Cara Mudah Berhenti dari Jeratan Pinjol Ilegal

Cara Berhenti dari Pinjol Ilegal 

1. Bentuk Sebuah Rencana Pembayaran

Cara berhenti dari pinjol ilegal yaitu dengan membentuk sebuah rencana pembayaran, dengan memprioritaskan pelunasan pinjol alias pinjaman online dengan bunga tinggi.

2. Kurangi Pengeluaran

Membatasi pengeluaran merupakan hal yang bisa membantu melunasi utang. Karena hal ini memiliki tujuan untuk menekan biaya yang terbilang tidak terlalu penting dan biaya tersebut bisa dialihkan untuk membayar utang.

3. Bayar Berdasarkan Prioritas

Bayarlah dengan mana yang harus dibayar terlebih dahulu. Tentukan beban utang mana saja yang masuk ke dalam prioritas, mulai dari perhitungan tenor hingga total beban. 

BACA JUGA:Penting Ketahui, Ini 7 Tips Agar Terhindar dari Pinjol Ilegal yang Bikin Resah

Dengan perhitungan yang matang, melunasi utang tidak akan menjadi masalah. Selain itu, cara ini efektif untuk dapat membayar utang secara tepat waktu.

4. Mengevaluasi Keuangan

Kategori :

Terkini

Selasa 03-09-2024,20:30 WIB

Daftar Hp yang Mendukung eSIM

Selasa 03-09-2024,20:15 WIB

6 Fitur Terbaru Handphone Android 15

Selasa 03-09-2024,20:00 WIB

4 Cara Mengatasi Hp Android Bootloop