8 Cara Mudah Meningkatkan Skor Kredit

Selasa 03-09-2024,06:00 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Rochman Gunawan

5. Cek Laporan Kredit Secara Berkala

Periksa laporan kredit Anda secara berkala untuk memastikan tidak ada kesalahan atau informasi yang tidak akurat. Jika menemukan kesalahan, segera laporkan kepada biro kredit.

6. Diversifikasi Jenis Kredit

Memiliki berbagai jenis kredit, seperti kartu kredit, KTA, dan KPR, dapat menunjukkan kepada lembaga keuangan bahwa Anda mampu mengelola berbagai jenis utang.

7. Hindari Membuka Banyak Kartu Kredit dalam Waktu Singkat

Membuka terlalu banyak kartu kredit dalam waktu singkat dapat memberikan kesan negatif kepada lembaga keuangan karena dianggap sebagai perilaku konsumtif yang berisiko.

8. Pertimbangkan Pinjaman Konsolidasi

Jika Anda memiliki banyak utang dengan bunga tinggi, pertimbangkan untuk melakukan konsolidasi utang. Dengan demikian, Anda hanya perlu membayar satu angsuran dengan bunga yang lebih rendah.

Tips Tambahan

  1. Buat Anggaran: Dengan membuat anggaran, Anda dapat lebih mudah mengelola keuangan dan menghindari terjadinya tunggakan pembayaran.
  2. Tingkatkan Pendapatan: Menambah sumber pendapatan dapat membantu Anda melunasi utang lebih cepat dan meningkatkan skor kredit.
  3. Hindari Pinjaman Online Ilegal: Pinjaman online ilegal seringkali tidak terdaftar dan tidak diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hindari menggunakan layanan mereka karena dapat merusak skor kredit Anda.

BACA JUGA:Simak Alasan Mengapa Skor Kredit SLIK Buruk

Meningkatkan skor kredit membutuhkan waktu dan kesabaran. Dengan menerapkan langkah-langkah yang ada di atas secara konsisten, Anda dapat memperbaiki riwayat kredit dan membuka peluang untuk mendapatkan produk keuangan dengan suku bunga yang lebih menarik.

Kategori :