Cara Menghidupkan Hp Android Tanpa Menggunakan Tombol Power

Selasa 03-09-2024,16:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Artikel ini akan membahas cara menghidupkan Hp tanpa menggunakan tombol power di Android. Tombol power adalah salah satu komponen penting dalam perangkat HP. Sesuai namanya, tombol ini berfungsi untuk mengatur daya pada HP, termasuk perangkat Android.

Salah satu masalah umum yang dihadapi oleh pengguna ponsel adalah kerusakan pada tombol power. Berbagai faktor dapat menyebabkan tombol power tidak berfungsi, salah satunya adalah tekanan yang ditimbulkan oleh casing. Simak cara menghidupkan Hp tanpa menggunakan tombol power di Android.

Dengan tombol ini, pengguna dapat dengan mudah menyalakan atau mematikan perangkat. Namun, dalam beberapa situasi, tombol power mungkin tidak berfungsi karena berbagai alasan, sehingga pengguna tidak dapat menghidupkan HP mereka. Oleh karena itu, simak cara menghidupkan Hp tanpa menggunakan tombol power di Android.

Anda tidak perlu khawatir ada beberapa cara menghidupkan Hp tanpa menggunakan tombol power di Android yang dapat dicoba. Apa saja cara tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya yang dilansir dari kumparan.

BACA JUGA:6 Cara Menghubungkan Hp Ke Proyektor Infocus

Cara Menghidupkan HP Tanpa Menggunakan Tombol Power di Android

Berdasarkan informasi dari Technastic, berikut adalah beberapa cara untuk menghidupkan HP Android tanpa memanfaatkan tombol power:

1. Manfaatkan Menu Daya Aksesibilitas Android

HP Android dilengkapi dengan fitur Aksesibilitas yang dirancang untuk membantu pengguna dengan keterbatasan fisik. Fitur ini memungkinkan akses ke menu daya atau layar kunci tanpa memerlukan tombol fisik.

Untuk mengaktifkannya, buka pengaturan HP dan cari opsi Aksesibilitas. Di beberapa perangkat, opsi ini mungkin disebut Asisten. Aktifkan fitur yang memungkinkan akses ke menu daya tanpa tombol fisik. Sebagai contoh, pada perangkat Samsung, pengguna dapat mengaktifkan fitur Assist Menu yang menampilkan tombol di layar.

2. Terapkan Teknik Soft Reboot

Ketika baterai HP habis, seringkali perangkat tidak langsung merespons saat dihubungkan ke charger. Bagi pengguna yang mengalami kerusakan pada tombol power, hal ini bisa menjadi kendala dalam menyalakan perangkat.

Namun, pengguna dapat mencoba teknik soft reboot untuk menghidupkan atau merestart HP. Caranya adalah dengan menghubungkan charger dan secara bersamaan menekan tombol volume atas (+) dan volume bawah (-) selama sekitar 20 detik. Proses ini akan memicu reboot, dan HP akan menyala kembali.

3. Menghidupkan Layar dengan Fitur Tap to Wake

Pengguna dapat mengaktifkan layar HP tanpa tombol power dengan mengetuk layar dua kali saat dalam keadaan terkunci dan layar mati. Setelah layar menyala, pengguna dapat membuka kunci perangkat menggunakan sidik jari, wajah, PIN, kata sandi, atau pola.

Kategori :

Terkini

Selasa 03-09-2024,20:30 WIB

Daftar Hp yang Mendukung eSIM

Selasa 03-09-2024,20:15 WIB

6 Fitur Terbaru Handphone Android 15

Selasa 03-09-2024,20:00 WIB

4 Cara Mengatasi Hp Android Bootloop