Berapa Lama Agar SLIK OJK Bersih Setelah Pelunasan? Begini Penjelasannya

Senin 02-09-2024,13:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Berapa lama agar SLIK OJK bersih setelah pelunasan? Pertanyaan ini sering kali diajukan pengaju kredit yang baru saja melunasi utang kepada pihak bank. Hal ini normal mengingat pentingnya skor kredit yang bersih untuk kelancaran beberapa aktivitas, seperti mencari pekerjaan. 

Mengenai pertanyaan berapa lama agar SLIK OJK bersih setelah pelunasan? Untuk memperbaiki skor kredit, salah satu caranya yaitu dengan melunasi pinjaman yang ada. Setelah itu debitur perlu menunggu hingga skor SLIK OJK kembali bersih. 

Adapun cara memperbaiki skor di SLIK OJK hanya dapat dilakukan dengan melunasi pinjaman yang diajukan. Selanjutnya, debitur bisa menunggu sampai skor kredit kembali bersih. Namun, berapa lama agar SLIK OJK bersih setelah pelunasan? 

Lantas, berapa lama agar SLIK OJK bersih setelah pelunasan? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:Cek Segera, Berapa Lama BI Checking Bersih Setelah Pelunasan? Simak Penjelasan Lengkap Berikut Ini

Berapa Lama Agar SLIK OJK Bersih Setelah Pelunasan?

Pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan jawaban umum yaitu selama kurang lebih 30 hari terhitung dari pengajuan laporan penghapusan tagihan. Dalam kurun waktu tersebut, kalian dapat mengecek perubahan skor kreditmu. 

Setelah proses pelunasan, berapa durasi waktu yang dibutuhkan untuk proses pemutihan? Debitur sering kali bertanya-tanya berapa lama agar SLIK OJK bersih setelah pelunasan. Pasalnya, hal ini berpengaruh penting untuk pengajuan kredit lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa BI checking tidak akan bersih sendiri tanpa pelunasan utang atau kredit dari debitur. Pasalnya, sejumlah misinformasi menyebar di tengah masyarakat yang menyatakan skor kredit akan terhapus otomatis setelah 5 tahun.

Faktanya, debitur tetap akan masuk ke dalam daftar blacklist apabila belum melunasi tunggakan cicilannya. Jadi, data debitur yang menunggak akan tetap tercatat sebelum adanya pelunasan.

BACA JUGA:Berapa Lama Blacklist BI Checking Berlaku? Ini Penjelasannya

Proses Pemutihan SLIK OJK 

Terdapat alasan penting mengapa perlu memiliki skor SLIK yang bersih, terutama untuk memudahkan proses pengajuan pinjaman ke bank. Pasalnya, skor kredit buruk akan mempersulit proses pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan kartu kredit.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk proses pembersihkan skor SLIK OJK: 

1. Membuat Surat Klarifikasi

Kategori :