SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Borong Piala FTBI

Senin 02-09-2024,09:15 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI -  Kontingen  SMP Negeri 1 Balapulang (Spensaba) berhasil memborong 5 piala kejuaraan di Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang diselenggarakan oleh Dinas Dikbud Kabupaten Tegal. Kegiatan yg dilaksanakan di SMP Negeri 2 Lebaksiu ini diikuti oleh siswa SMP negeri atau swasta di Kabupaten Tegal.

Luthfatu Zakiyah, salah satu peserta FTBI dari Spensaba menyampaikan bahwa kejuaraan yang diraih oleh sekolah adalah juara II lomba pidato putra oleh Athalariq Afham Gibran. Juara III lomba cerkak putra oleh Alvin Maulana, juara II menulis dan membaca aksara Jawa putri oleh Luthfatu Zakiyah. Juara I lomba membaca dan menulis aksara Jawa putra oleh Taufiq Anwar Nugroho. Serta juara I menulis cerkak putri oleh  Firdha Wardhani.

"Spensaba meraih 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu," ujarnya.

BACA JUGA:Kandang Ayam di Desa Jenggawur Kabupaten Tegal Ludes Terbakar  

Guru Bahasa Jawa SMP Negeri 1 Balapulang Lintang Jayanti Pinasthika sekaligus pembimbing lomba FTBI menambahakn, keberhasilan ini semata karena berkah dari Allah SWT. Selain itu, siswa yang ikut lomba ini betul-betul mempersiapkan dengan baik. Buktinya, mereka selalu aktif meminta bimbingan kepada dia sebagai guru bahasa Jawa. 

“Harapan mereka agar meraih hasil yang terbaik," cetusnya.  

BACA JUGA:BPIP Gaungkan Pancasila di Atas Geladak KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992

Arsi Dinta Harara selaku guru bahasa Jawa dan pembimbing FTBI menyampaikan, selain lomba tersebut. Masih ada lagi 3 mata lomba FTBI yang belum terlaksana dan akan dilaksanakan secara daring. Yaitu tembang macapat, geguritan،dan ndagel ijen (komedi tunggal) dengan mengirimkan link ke panitia maksimal pertengahan September. Pihaknya berharap Spensaba bisa merebut emas lagi  pada lomba FTBI yang dilakukan secara daring ini. 

Sementara itu, kepala SMP Negeri 1 Balapuang Nuridin SPd  sangat mengapresiasi atas keberhasilan siswanya dalam FTBI tahun ini. "Bagi siswa yang belum berhasil, jangan berkecil hati. Masih ada kesempatan di tahun mendatang," ungkapnya.

Kategori :