Cara Membuat Tautan Google Drive di Ponsel untuk Akses File yang Nyaman

Rabu 28-08-2024,21:30 WIB
Reporter : Moh Azizul Umar
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Di era digital saat ini, mengakses file saat bepergian telah menjadi kebutuhan. Dengan meningkatnya ketergantungan pada perangkat seluler, memiliki akses cepat dan mudah ke dokumen, foto, dan video penting menjadi sangat penting.

Salah satu cara mudah untuk mencapainya adalah dengan membuat tautan Google Drive di ponsel Anda. Pada artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah sederhana untuk membuat tautan Google Drive di perangkat seluler Anda, memungkinkan Anda mengakses file kapan saja, di mana saja.

BACA JUGA:6 Ponsel Android Hemat dengan Dynamic Island di Bawah Rp1 Juta

1: Instal Aplikasi Google Drive

Langkah pertama untuk membuat tautan Google Drive di ponsel Anda adalah memastikan bahwa Anda telah menginstal aplikasi Google Drive. Jika Anda belum melakukannya, Anda dapat mengunduh aplikasi dari App Store untuk perangkat iOS atau Google Play Store untuk perangkat Android.

Setelah aplikasi diinstal, masuk ke akun Google Anda atau buat akun jika Anda belum memilikinya.

2: Unggah File ke Google Drive

Setelah masuk ke aplikasi Google Drive, Anda dapat mulai mengunggah file yang tautannya ingin Anda buat. Ketuk ikon " + "atau tombol "Baru", lalu pilih "Unggah file" untuk memilih file dari perangkat seluler Anda.

Anda juga dapat membuat folder baru di dalam Google Drive untuk mengatur file Anda secara efektif.

3: Buat Tautan yang Dapat Dibagikan

Setelah file Anda diunggah ke Google Drive, Anda dapat membuat tautan yang dapat dibagikan yang memungkinkan orang lain mengakses file tersebut. Untuk melakukannya, tekan lama file yang ingin Anda buat tautannya, lalu ketuk opsi "Bagikan".

Selanjutnya, pilih "Salin tautan" untuk membuat tautan yang dapat dibagikan.

4: Bagikan Tautan

Dengan tautan yang dapat dibagikan disalin, kini Anda dapat dengan mudah membagikannya dengan orang lain melalui aplikasi perpesanan, email, atau platform komunikasi lainnya. Cukup tempel tautan ke metode komunikasi yang Anda inginkan dan kirimkan ke penerima yang dituju.

5: Akses File melalui Tautan

Kategori :