6 Cara Bijak Menggunakan PayLater dan Pinjol

Selasa 27-08-2024,22:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Cara bijak menggunakan layanan PayLater dan Pinjol yaitu dengan memperhatikan bunga, perhatikan rincian bunga yang ditawarkan oleh platform tersebut. Ini berguna untuk menghindari kejutan di kemudian hari. 

2. Cek Legalitas Perusahaan 

Sebelum menggunakannya selalu cek legalitas perusahaan di website OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk menghindari bunga dan penipuan yang akan merugikan kalian sendiri. 

3. Pertimbangkan Sesuai Kemampuan 

Sebelum menggunakan kedua layanan tersebut, pastikan cicilan tersebut tidak melebihi gaji kalian supaya mengurangi beban pendapatan bulanan yang kalian miliki. 

BACA JUGA:Jangan Samakan, Inilah Perbedaan Pinjol dan Paylater yang Wajib Kamu Pahami

4. Gunakan Sesuai Kebutuhan 

Cara bijak menggunakan layanan PayLater dan Pinjol berikutnya yaitu dengan menggunakan sesuai kebutuhan. Gunakan kedua layanan ini apabila kalian terdesak atau ada investasi yang menguntungkan, jangan digunakan bila hanya ingin terlihat glamor.

5. Membaca Detail Persyaratan 

Sebelum meminjam, pastikan kalian telah membaca seluruh detail persyaratan, ini berguna untuk menghindari dan meminimalisir adanya ketidakpahaman terkait kewajiban antara kedua belah pihak.

6. Lunasi Cicilan Secepatnya 

Jangan menunda-nunda pembayaran cicilan supaya tidak keberatan di kemudian hari.  

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara bijak menggunakan layanan PayLater dan Pinjaman Online yang dapat kalian lakukan dan terapkan. Semoga bermanfaat. 

Kategori :