Adakan Gerakan Sehat Bergizi di Sekolah

Senin 26-08-2024,15:30 WIB
Reporter : M Ridwan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Pemalang bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Aksi Sehat Bergizi. Hal itu dilakukan dalam rangka memupuk generasi penerus bangsa yang kuat, cerdas dan berprestasi. Gerakan tersebut menjadi salah satu kegiatan untuk perbaikan gizi serta persiapan para remaja agar memiliki tubuh yang sehat dan otak cerdas. Sehingga bisa mencetak prestasi serta meneruskan perjuangan pembangunan negeri, kemarin.

Kepala MAN Kabupaten Pemalang Ahmad Najid menuturkan, gerakan ini digagas oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan tujuan memberikan pengetahuan. Mengenai pentingnya asupan makanan dan minuman bergizi seimbang dalam masa pertumbuhan remaja. Seluruh siswa-siswi untuk ikut bergabung dalam acara tersebut.

BACA JUGA:Tim Voli Putri Smeagor Juara III Wali Kota Tegal Cup

“Semua siswa sengaja kita ikutkan agar mereka memahami pentingnya asupan gizi seimbang untuk pertumbuhan tubuh. Alhamdulillah hampir semua siswa dan guru antusias mengikuti,” jelasnya.

Najid menyampaikan,  para remaja MAN Kabupaten Pemalang diberi pengetahuan tentang pentingnya asupan gizi seimbang melalui sarapan serta suplemen penambah darah untuk remaja perempuan di masa pertumbuhan.

"Ini penting karena sebagian besar remaja sering acuh dalam memperhatikan asupan gizi. Terutama tidak meminum suplemen penambah darah karena merasa sehat," terangnya.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Pemkab Tegal Buka 300 Formasi CPNS 2024

Disadari atau tidak, saat ini sebagian remaja terutama perempuan mengalami anemia atau penyakit kurang darah. Terlihat dari data hasil Riskesdas pada tahun 2018, tercatat sebesar 26,8 persen anak usia 5-14 tahun menderita anemia dan 32 persen pada usia 15-24 tahun. Maka pihaknya mengapresiasi Dinkes Pemalang yang telah melaksanakan program ini di MAN Kabupaen Pemalang.

“Harapannya kesehatan remaja khususnya siswa-siswi MAN Kabupaten Pemalang dapat terjaga dengan baik, setelah mereka memahami ilmu yang disampaikan," tandasnya.

BACA JUGA:PGOT Dilarang Meminta di Lampu Merah Kabupaten Pemalang

Dengan demikian, sehingga tercipta pemuda tangguh penerus pembangunan bangsa yang sehat secara fisik dan ilmu. Baik pengetahuan umum maupun agama.

Kategori :