7 Cara Mengatasi Memori Penuh di Ponsel Android

Sabtu 24-08-2024,14:00 WIB
Reporter : Moh Azizul Umar
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Apakah ponsel Android Anda kehabisan ruang penyimpanan? Apakah Anda terus-menerus dibombardir dengan pemberitahuan tentang memori rendah? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Banyak pengguna Android menghadapi masalah yang sama, tetapi kabar baiknya adalah ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini.

Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi 7 metode efektif untuk mengosongkan ruang dan mengoptimalkan memori di perangkat Android Anda.

BACA JUGA:Cara Mengubah Emoji Android Menjadi iPhone

1. Hapus Aplikasi dan File yang Tidak Perlu

Langkah pertama untuk merapikan ponsel Android Anda adalah menghapus semua aplikasi dan file yang tidak digunakan. Buka daftar aplikasi Anda dan identifikasi aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan atau butuhkan. Mencopot pemasangan aplikasi ini dapat mengosongkan banyak ruang penyimpanan.

Demikian pula, buka galeri foto, folder unduhan, dan direktori lain untuk menghapus file yang tidak perlu seperti tangkapan layar, video, atau dokumen lama.

2. Kosongkan Cache Aplikasi

Aplikasi di ponsel Android Anda sering mengumpulkan data cache dari waktu ke waktu, yang dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Mengosongkan cache untuk masing-masing aplikasi atau semua aplikasi sekaligus dapat membantu mengosongkan memori.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Penyimpanan > Data yang di-cache, lalu ketuk "Hapus data yang di-cache."Tindakan sederhana ini dapat membuat perbedaan nyata dalam penyimpanan Anda yang tersedia.

BACA JUGA: iPhone Spesifikasi Tinggi vs Android Terbaru

3. Memanfaatkan Penyimpanan Cloud

Alih-alih menyimpan semua foto, video, dan dokumen Anda secara lokal di perangkat Anda, pertimbangkan untuk menggunakan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Platform ini menawarkan ruang penyimpanan gratis dan memungkinkan Anda mengunggah file dengan mulus ke cloud, mengosongkan ruang di ponsel Anda.

Selain itu, Anda dapat mengakses file Anda dari perangkat apa pun dengan koneksi internet.

4. Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Jika perangkat Android Anda mendukung kartu SD eksternal, Anda dapat mentransfer beberapa aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD. Tidak semua aplikasi memenuhi syarat untuk transfer ini, tetapi bagi yang memenuhi syarat, ini dapat mengurangi beban memori internal perangkat Anda secara signifikan.

Kategori :