Ternyata! Ini 9 Penyebab Hp Mati Total

Jumat 23-08-2024,22:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Memeriksa charger dan kabel pengisian dengan menggunakan HP lain dapat membantu memastikan apakah ini adalah penyebabnya.

4. Kerusakan pada Tombol Daya

Tombol daya yang tidak berfungsi dapat mengakibatkan ponsel tidak dapat dinyalakan. Hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan atau kerusakan fisik. Dalam beberapa situasi, tombol daya mungkin terjebak atau sama sekali tidak berfungsi, sehingga ponsel tidak dapat menyala.

5. Kerusakan pada Komponen Internal

Kerusakan pada bagian internal seperti motherboard, IC daya, atau komponen lainnya di dalam ponsel dapat menyebabkan perangkat mati total.

Masalah ini sering kali memerlukan pemeriksaan dan perbaikan oleh teknisi yang berpengalaman karena memerlukan pengetahuan dan alat yang khusus.

BACA JUGA:Kerusakan IC pada HP, Ketahui Ciri, Penyebab dan Solusinya

6. Overheating atau Suhu Berlebih

Overheating atau suhu berlebih dapat menyebabkan ponsel mati total. Suhu berlebih biasanya disebabkan oleh penggunaan yang intensif, lingkungan yang panas, atau masalah pada sistem pendingin ponsel. Overheating dapat merusak komponen internal dan menyebabkan ponsel mati mendadak.

7. Masalah pada Slot atau Konektor Baterai

Kadang-kadang, masalah pada konektor atau slot baterai dapat mengakibatkan ponsel tidak menyala. Konektor yang longgar atau kotor dapat mengganggu aliran listrik dari baterai ke ponsel. 

Membersihkan konektor atau memastikan bahwa baterai terpasang dengan baik dapat membantu mengatasi masalah ini.

8. Kemasukan Air atau Cairan Lainnya

Ponsel yang terkena air atau cairan lain dapat mengalami korsleting yang merusak komponen internal. Jika ponsel terkena air, segera matikan perangkat, lepaskan baterai (jika memungkinkan), dan keringkan dengan cepat. Langkah selanjutnya adalah membawa ponsel ke pusat layanan untuk diperiksa dan diperbaiki.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Sinyal Lemah pada Hp dan Penyebabnya

9. Terjadi Kegagalan Bootloop

Kategori :