Ketua DPRD Kota Tegal: Jadikan HUT RI Momen Retrospeksi

Selasa 20-08-2024,09:00 WIB
Reporter : K. Anam Syamahdani
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal menyelenggarakan Rapat Paripurna dengan agenda Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ruang Paripurna DPRD, Komplek gedung Parlemen, Jalan Pemuda.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kusnendro bersama Wakil Ketua DPRD Habib Ali Zaenal dan Wasmad Edi Susilo. Rapat Paripurna dihadiri Penjabat Wali Kota Tegal Dadang Somantri, Forkopimda Kota Tegal, Sekretaris Daerah Kota Tegal Agus Dwi Sulistyantono, Kepala OPD, camat dan lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

BACA JUGA:Gembleng Satgas Penanggulangan Bencana

Ketua DPRD Kusnendro dalam sambutannya mengatakan, peringatan Proklamasi Kemerdekaan sebaiknya dilakukan dengan introspeksi, memusatkan kekuatan batin sebagai sumber hikmah. Selanjutnya dapat menjadi pencerah pikir dalam menunaikan cita-cita Proklamasi berlandaskan istikomah, konsisten, konsekuen, dan berkelanjutan.

Peringatan kemerdekaan juga menjadi momen retrospeksi, dengan mengenang jasa para pahlawan melalui niti laku dan napak tilas jejak sejarah yang ditinggalkannya. “Seraya mendoakan agar arwah para syuhada bangsa itu memperoleh pahala sesuai amal baktinya serta diterima di haribaan-Nya dan diampuni segala dosanya,” kata Kusnendro.

BACA JUGA:Berangkatkan Ekspor Perdana Produk Furniture ke Korea Selatan

Tahun ini bangsa Indonesia memiliki dua agenda besar yaitu Pemilu yang telah dilaksanakan 14 Februari 2024 dan Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan 27 November 2024. DPRD mengharapkan seluruh masyarakat Kota Tegal dapat berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini dengan menjunjung tinggi Asas Luber dan Jurdil secara bijaksana serta dukungan dan peran serta semua pihak.

“Agar dapat menciptakan kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Sehingga agenda-agenda politik tersebut dapat terlaksana dengan tertib dan lancar dalam suasana aman, nyaman dan kondusif,” terang Kusnendro.

BACA JUGA:Adakan Lomba Pitulasan untuk Penyandang Disabilitas di Kabupaten Tegal

Kusnendro mengajak Pemerintah Kota Tegal melaksanakan pembangunan segala bidang secara konsisten dan berkesinambungan, sebagaimana direncanakan dalam dokumen perencanaan nasional maupun daerah dengan melibatkan seluruh elemen. “Sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju,” ujar Kusnendro. 

Kategori :