SMP Al Irsyad Kota Tegal Selenggarakan Pemilihan Ketua OSIS

Selasa 13-08-2024,09:45 WIB
Reporter : K. Anam Syamahdani
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - SMP Al Irsyad Kota Tegal menyelenggarakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilketos) Periode 2024-2025 di halaman sekolah. Pilketos Periode 2024-2025 diikuti tiga pasangan kandidat dari kelas VIII yang dipilih melalui polling dalam Rapat Pengurus OSIS 2023-2024.

Adapun pasangan kandidat nomor urut 1 yaitu M Fayrouz Al-Hikam dan Danendra Badar Raditya Prabowo, pasangan kandidat nomor urut 2 Azifa Al Marwah dan Keysha Maritsa Al Mukharumi, serta pasangan kandidat nomor urut 3 Izdihar Jasmine Qaniah dan Kheira Athaya Mayshara Raharjo, dengan mengusung visi mereka masing-masing.

BACA JUGA:Sudah Lunas, BRI Belum Kembalikan Sertifikat, Nasabah Tempuh Jalur Hukum, OJK Minta Bank Bertanggungjawab

Pembina OSIS SMP Al Irsyad Ekawati SPt mengatakan, Pilketos merupakan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi. Projek ini bertujuan menanamkan kepercayaan diri oleh siswa untuk berani mengeluarkan pendapat serta turut dalam pengambilan keputusan hasil Pilketos.

Melalui projek ini siswa diharapkan berproses melalui pengalaman belajarnya untuk mencapai tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila. 

“Yaitu bergotong royong, mandiri, dan bernalar kritis kata Eka saat memantau pemungutan suara. Karena Pilketos diadakan mengadopsi sistem Pemilihan Umum (Pemilu),” ktanya.

BACA JUGA:Meriahkan HUT RI, TK Negeri Pembina Tegal Timur kota Tegal Adakan Lomba

Sebelum pemungutan suara, Pilketos melalui tahapan pengusulan kandidat setiap kelas, pemilihan kandidat melalui Rapat Pengurus OSIS, penyampaian visi misi pasangan kandidat, kampanye, dan sosialisasi menghadirkan narasumber Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal Divisi Hukum dan Pengawasan Mohammad Masyhadi MPdI.

Kepala SMP Al Irsyad Moh Alwi SPd melalui Sie Humas Miftakhurrohman SPdI berharap kegiatan ini dapat melatih jiwa kepemimpinan, tanggung jawab, dan kejujuran. 

“Bagi pasangan kandidat yang terpilih kami berpesan agar menjadi pemimpin yang amah, berpikir lebih dewasa, dan mampu membawa perubahan yang bagus untuk siswa dan sekokah,” ucap Miftakhurrohman. 

BACA JUGA:Desa Kertayasa Kabupaten Tegal Adakan Lomba Keindahan Gapura

Berdasarkan penghitungan suara yang dilakukan, pasangan kandidat nomor urut 1 M Fayrouz Al-Hikam dan Danendra Badar Raditya Prabowo memperoleh 135 suara, nomor urut dua Azifa Al Marwah dan Keysha Maritsa Al Mukharumi memperoleh 100 suara, nomor urut 3 Izdihar Jasmine Qaniah dan Kheira Athaya Mayshara Raharjo memperoleh 77 suara dengan total keseluruhan 319 suara.

Kategori :