KPU Imbau Masyarakat Pahami Regulasi Pilkada

Jumat 09-08-2024,09:15 WIB
Reporter : K. Anam Syamahdani
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal mengimbau masyarakat maupun penyelenggara agar memahami dan mempedomani regulasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang telah ditelurkan oleh KPU RI. Yaitu seperti PKPU Nomor 2, PKPU Nomor 7, dan PKPU Nomor 8 Tahun 2024.

Imbauan tersebut disampaikan Ketua KPU Kota Tegal Karyudi Prayitno dalam acara Sosialisasi Produk Hukum Pada Pilkada 2024 yang dilangsungkan di Sebayu Convention Hall Hotel Bahari Inn, Rabu (7/8). Sosialisasi Produk Hukum Pada Pilkada 2024 diikuti pimpinan partai politik, organisasi masyarakat, organisasi mahasiswa dan kepemudaan, PPK dan PPS.

BACA JUGA:Gagas Inovasi Paket Wisata Desa Guci Kabupaten Tegal

Sosialisasi dimoderatori Kasubag Teknis Penyelenggaraan Pemilu dan Hukum KPU Kota Tegal Widya Hastantri dengan narasumber Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Tegal Moh Masyhadi, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tegal Nur Elina Sari, Kanit III Tindak Pidana Khusus Polres Tegal Kota Eko Puji S, dan Kabag Hukum Setda Kota Tegal Budio Pradibto. 

Karyudi mengatakan, tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa pemungutan suara Pilkada 2024 di Kota Tegal akan dilaksanakan pada 27 November mendatang. Termasuk produk hukum yang melandasinya dan sejumlah tahapan-tahapan Pilkada yang juga sudah mulai dilaksanakan. 

“Tentunya ini perlu peran aktif semua elemen masyarakat agar bisa melaksanakan Pilkada dengan lancar, sukses tanpa ekses,” ungkap Karyudi.

BACA JUGA:Optimalkan Penempatan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Kepada pimpinan partai politik yang akan mengusung calonnya, KPU Kota Tegal berharap agar bersama-sama membuka semua regulasi agar proses berjalan sesuai aturan. KPU Kota Tegal mengharapkan organisasi masyarakat maupun organisasi kepemudaan mengawal jalannya Pilkada agar menghasilkan Pilkada yang baik dan berkualitas. Sehingga melahirkan pemimpin yang baik pula. 

“Terima kasih saya ucapkan pada stakeholder yang sudah membangun sinergitas dengan solid dan kompak,” ujar Karyudi. 

Kategori :